Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Wabup Subandi Hadiri Ruwah Desa Semampir Sidoarjo

SIDOARJO (global-news.co.id) ‐ Wabup H. Subandi SH hadir dalam ruwah Desa Semampir, Kecamatan Sedati, Minggu (17/9). Tradisi syukuran itu ditutup dengan pergelaran wayang kulit dan campursari di balai Desa Semampir. Dalang Ki Suromo Gondo Taruno diundang untuk mementaskan Lakon Wahyu Purbo Sejati. Sehari sebelumnya digelar istiqosah dan doa bersama warga Desa Semampir.

Dalam kesempatan itu Wabup H. Subandi menitipkan beberapa pesannya. Dibantaranya untuk guyub rukun dalam membangun desa. Masyarakat harus mendukung pembangunan desa. Sebaliknya pemerintah desa harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakatnya. Jika dua hal itu dilakukan, ia yakin pembangunan suatu daerah akan berjalan baik. Daerahnya makmur, masyarakatnya sejahtera. Muaranya pembangunan Kabupaten Sidoarjo akan semakin maju.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah Desa Semampir beserta perangkatnya dan BPD  yang telah menjalankan pemerintahannya dengan baik, semoga Allah menjadikan Desa Semampir desa yang makmur, masyarakat adem ayem (sejuk, tenang tentram),” katanya yang serentak diamini seluruh warga Desa Semampir yang hadir menyaksikan wayang kulit itu.

Dalam kesempatan itu Wabup H. Subandi juga menitipkan pesan kepada seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Sedati yang saat itu juga hadir. Ia berpesan untuk menjaga amanah sebagai seorang pemimpin. Ia meminta amanah sebagai kepala desa dapat diembannya dengan penuh tanggung jawab. Salah satunya amanah dalam pengelolaan anggaran desa bagi pembangunan desanya. Bila amanah itu dijaga, ia yakin desa akan semakin maju dan masyarakatnya sejahtera. Untuk itu ia mewanti-wanti untuk tidak bermain anggaran. Memperkaya diri dengan bermain proyek lewat anggaran pembangunan daerah.

“Ayo kita kelola anggaran dengan amanah, bukan hanya bupati maupun wakil bupati namun juga kepada seluruh kepala desa harus benar-benar amanah dalam membangun daerahnya untuk menjadikan lebih maju,” ucapnya.

Wabup H. Subandi juga mengingatkan untuk hati-hati dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala desa. Hindari perilaku koruptif. Kades harus menjalankan tugasnya sesuai kewenangannya. Tidak boleh menyimpang. Bila tidak, jeruji besi akan mengintai. Pun dengan segala pemberian. Wabup pesan untuk tidak mudah menerima pemberian dari siapapun. Pasalnya dapat dikategorikan sebagai gratifikasi.

“Saya doakan pejabat Sidoarjo, pak camat maupun kepala desa mudah-mudahan dijauhkan dari segala kejahatan dalam memimpin wilayahnya,” ujarnya.

Sementara itu Kades Semampir Lukman Mualim mengatakan bahwa kegiatan ruwah desa sebagai agenda rutin tahunan. Kegiatan itu bentuk ucapan syukur kepada Allah SWT. Selain itu sebagai ikhtiar untuk mencegah bencana. Kegiatannya bermacam-macam. Mulai dari istiqosah dan doa bersama serta pagelaran wayang kulit. Setelah itu dilanjutkan dengan sholawat bersama.

“Ini acara puncak (wayang kulit), kemarin sudah dilakukan istiqosah dan doa bersama, malam ini wayangan dalam rangka sedekah desa biar berkah desanya, biar dijauhkan bala bahaya, sepuluh hari lagi ada sholawat bersama di masjid Desa Semampir,” ucapnya. (*)

baca juga :

Diaspora di New York Juga Gelar Aksi Solidaritas untuk Korban ‘Tragedi Bom Surabaya’

gas

Jokowi Beri Selamat kepada Apriyani/Fadia Juarai Singapore Open

Varian Corona Eek Ditemukan di Jakarta

Titis Global News