Global-News.co.id
Sport Utama

Porprov VIII/2023: Kota Surabaya Tak Terkejar dengan 108 Emas

Ketua KONI Surabaya, Hoslih Abdullah, bangga kepada para atlet Porprov Kota Surabaya

SIDOARJO (global-news.co.id) – Sukses menggapai 108 keping emas, diperoleh kontingen Kota Surabaya, di ajang Porprov Jatim VIII/2023.

Wakil Ketua KONI Surabaya, Budi Haryono, mengatakan, pada even pesta olahraga dua tahunan tersebut, Surabaya bisa dikatakan masih unggul sejak Porprov I hingga VIII. Artinya, kontingen Surabaya bisa mempertahankan juara umum kali ke delapan sejak penyelenggaraan Porprov.

“Mudah-mudahan Kota Surabaya bisa mempertahankan juara umum, dengan target 150 emas,” kata Wakil Ketua KONI Surabaya, Budi Haryono, Kamis (14/9/2023)

Budi merinci, 108 emas diperoleh kontingen Surabaya pada hari Rabu kemarin. Surabaya berhasil merebut 24 emas. Sehari sebelumnya, Surabaya sudah mengumpulkan 84 emas. Raihan 24 emas didapat dari beberapa cabor yang dipertandingkan diikuti atlet Surabaya.

Terdiri dari kick boxing 5 emas, dayung 3 emas, bulutangkis 2 emas, karate 2 emas, panahan 2 emas, kempo 2 emas, dayung, sepatu roda, senam, selam, atletik, balap sepeda, anggar dan panjat tebing, masing-masing mendapat 1 emas.

Budi berharap, cabor-cabor yang masih menyisakan beberapa nomor final dapat menyumbangkan medali emas. Demikian pula cabor yang baru dimainkan, dapat meloloskan atletnya ke final dan meraih emas. Tambahan emas dari cabor itu akan mendongkrak perolehan medali Surabaya.

“Panahan, kempo, kurash, sambo, sepatu roda, bulutangkis, dayung masih bisa menambah emas. Kita punya atlet bagus dan besar peluangnya meraih emas. Doakan saja,” ujarnya.

Berdasar klasemen sementara perolehan medali Porprov Jatim VIII/2023, nampaknya posisi Surabaya sulit dikejar oleh kontingen porprov daerah lain. Hanya keajaiban saja yang bisa mendongkrak Surabaya dari puncak klasemen.

Kabupaten Sidoarjo, yang menjadi saingan ketat Surabaya di urutan kedua hanya mendapat 58 emas, 65 perak, 81 perunggu, 443 poin.

Masih terpaut jauh, dari perolehan medali Surabaya. Di satu sisi, Porprov tinggal menyisakan waktu 3 hari dengan jumlah medali yang diperebutkan tidak terlalu banyak.

Di bawah Sidoarjo, kota Malang meraih 52 emas, 35 perak, 57 perunggu, 335 poin. Kota Kediri di peringkat 3 dengan 45 emas, 27 perak, 46 perunggu, 280 poin. Posisi lima besar ditempati kab Malang meraih  28 emas, 23 perak, 23 perunggu, 181 poin. (pur, koi)

baca juga :

New Normal, Pelindo III Berlakukan Protokol Kesehatan Ketat di Seluruh Terminal Penumpang

Pemkab Pamekasan Sediakan Rp 6,6 Miliar Untuk Bantuan Sarana Produksi Tembakau

gas

Kalah dan Gagal Memuncak, Persib Malah Disalip Arema FC

Redaksi Global News