Global-News.co.id
Sport Utama

Porprov Jatim VIII/ 2023: Kota Surabaya Juara Umum Pencak Silat

Kontingen Kota Surabaya, berjaya di cabang olahraga pencak silat ajang Porprov Jatim VIII/2023

JOMBANG (global-news.co.id) – Kontingen Kota Surabaya, berjaya di cabang olahraga pencak silat ajang Porprov Jatim VIII/2023. Para pendekar Kota Pahlawan itu, sukses menjadi juara umum cabor tersebut dengan memboyong pulang 5 emas, 3 perak, 4 perunggu (poin 30)

Seluruh emas tersebut mereka dapat dari nomor tanding. Menduduki posisi kedua klasemen akhir perolehan medali adalah Kabupaten Blitar yang membawa pulang 2 emas, 2 perak, dan 4 perunggu (poin 16). Disusul Kabupaten Sidoarjo yang mengumpulkan 3 emas dan 2 perak (poin 14).

‘”Target dari KONI Surabaya sebenarnya 3 emas. Alhamdulillah kami mampu melampaui meraih 5 emas, 3 perak, dan 4 perunggu. Tentu ini hasil kerja keras para atlet dan pelatih yang berjuang luar biasa,” ucap Ketua IPSI Kota Surabaya, Bambang Haryo Soekartono, Jumat (25/8/2023)

Lima emas yang dikumpulkan Surabaya itu, masing-masing diperoleh dari M. Asadullah Dwi Octavianto (kelas B putra), Ikbal Nasrullah (kelas G putra), Ganesa Reksa Samudera (kelas I putra), Ubaidillah (kelas J putra) serta Nona Mareta Herdin Sava (kelas F putri).

Blitar yang mengirim empat wakil di final mendulang dua emas dari kelas A putri Zahra Esa Cahyani Firdausi. Di final dia menaklukkan atlet asal Kabupaten Magetan Dea Ayu Nur Azhari. Satu emas lagi mereka kumpulkan melalui Yuni Dwi Saputri di kelas E putri.

Cabang olahraga pencak silat Porprov Jatim VIII/2023 memang melaksanakan tanding lebih awal dibanding cabor-cabor lain. Pembukaan Porprov Jatim tahun ini baru akan dilakukan pada 9 September mendatang. Silat melaksanakan tanding lebih dulu karena pada awal September mendatang cabor pencak silat juga memiliki gawe yakni Pra PON 2024 di Solo.

“Kami bersyukur cabor selesai sudah tuntas menggelar Porprov VIII, jadwal yang bersamaan dengan Pra PON membuat silat harus maju penyelenggaraannya. Tidak ada masalah yang paling penting dari Porprov ini sudah terlihat atlet-atlet masa depan yang nantinya juga menjadi andalan Jawa Timur,” kata Ketua KONI Jatim, M Nabil.

Selain silat ada beberapa cabor yang harus menggelar lebih dulu pertandingannya sebelum opening ceremony 9 September nanti, yaitu bola basket dan drumband. (koi, edt)

baca juga :

Petugas Tertibkan Kerumunan di BNI Blitar

Titis Global News

Indonesia Open 2023: Chico Wardoyo Terhenti di Babak Pertama

Waspada, WHO Ingatkan Akan Ada Pandemi Covid-19 yang Lebih Parah

Redaksi Global News