Global-News.co.id
Politik Utama

Kirab Pemilu Jalur VII Tiba di Jawa Timur Disambut Antusiasme Masyarakat

LAMONGAN (global-news.co.id) – Sepanjang Jl Basuki Rahmat, tepat di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan (KPU Lamongan) menuju Pendopo Lokatantra dipenuhi masyarakat. Mereka tampak antusias menyaksikan iring-iringan perjalanan Kirab Pemilu Tahun 2024 Jalur VII yang tiba di Jawa Timur Selasa (12/9/2023).

Kirab Pemilu 2024 Jalur VII merupakan jalur terakhir yang diterima oleh KPU Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim). Diluncurkan pertama kali di Jayapura Papua sejak 14 Februari 2023, hingga saat ini diserahkan oleh KPU Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan.

Hal tersebut menjadi penanda bahwa gelaran Pemilu 2024 sudah semakin dekat. Mengingat, 155 hari lagi menuju 14 Februari 2024.

Sebagaimana disampaikan oleh Anggota KPU Jatim Miftahur Rozaq bahwa tahapan Pemilu sudah diluncurkan oleh KPU sejak 14 Juni 2022. “Sampai saat ini kurang lebih 155 hari lagi pemungutan suara akan kita laksanakan bersama,” kata Rozaq saat memberikan sambutan pada seremoni serah terima.

Selain itu, kirab yang disaksikan bersama ini juga menjadi penanda. Digelar di 30 kabupaten/kota di Jawa Timur, kirab diluncurkan melalui tujuh titik ini sudah berjalan mendekati titik finish. Tepatnya di Jakarta pada 25 November 2023 nanti.

Tentu, dalam prosesi kirab yang melibatkan peran dari berbagai pihak sudah sesuai dengan tema besar, Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

Gayung bersambut, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang berkesempatan hadir mengatakan bahwa pesta demokrasi sudah di depan mata. “155 hari lagi kita semua akan menjadi penentu keberhasilan pemilu,” kata Bupati yang akrab disapa Pak Yes tersebut.

Ia melanjutkan, bersama segenap Organisasi Pemerintah Daerah, pihaknya akan mendukung kerja KPU. Berkomitmen kuat untuk menyatukan kekuatan guna memastikan pemilu di Lamongan akan berjalan aman, damai dan lancar.

Perlu diketahui, iring-iringan kirab pemilu 2024 di Lamongan ini juga diikuti sebanyak 70 kendaraan hias yang disiapkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se kabupaten Lamongan. Berjalan beriringan, bersamaan pula dengan marching band dan tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang membawa bendera merah putih, pataka KPU, dan 18 bendera partai politik Peserta Pemilu 2024.

Selanjutnya, bendera tersebut akan dikirab di seluruh wilayah Lamongan selama enam hari hingga 17 September 2023. Dan akan diteruskan oleh KPU Kabupaten Bojonegoro mulai 18 September 2023.

Hadir dalam acara, rombongan KPU Sulawesi Selatan, KPU Kabupaten Bone, jajaran Forkopimda Lamongan, serta perwakilan 18 partai politik peserta pemilu 2024 tingkat kabupaten Lamongan. (*)

baca juga :

Ketua MPR Minta Tunda Pelonggaran PSBB hingga Corona Reda

Redaksi Global News

Ribuan Pelajar Surabaya Bersiap Ikuti KM 8

Redaksi Global News

Irjen Pol Sigit Resmi Jabat Kabareskrim Polri

Redaksi Global News