Global-News.co.id
Metro Raya Sport Utama

Disbudporapar Surabaya Ajak Pelajar SD-SMP Semarakkan Piala Dunia U-17

Para pelajar mengikuti Roadshow Piala Dunia U-17 yang digelar bersamaan acara car free day (CFD) di Taman Bungkul, Kota Surabaya, Minggu (24/9/2023).

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya mengajak para pelajar SD hingga SMP untuk ikut menyemarakkan Piala Dunia U-17 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada November mendatang.

“Harapannya mereka (para pelajar) akan tertarik untuk menonton Piala Dunia U-17 secara langsung pada saat pembukaan di Stadion GBT nanti,” kata Kabid Olahraga Disbudporapar Surabaya, Trio Wahyu Bowo, Senin (25/9/2023).

Untuk itu, kata dia, Disbudporapar gencar menggelar Roadshow U-17 di kalangan pelajar. Salah satunya yang sudah digelar bersamaan acara car free day (CFD) di Taman Bungkul, Surabaya, Minggu (24/9). Roadshow tersebut, merupakan acara pertama kali yang digelar di Kota Surabaya dalam menyambut semarak Piala Dunia U-17 2023.

Pada Roadshow U-17 itu, Disbudporapar menghadirkan dua atlet pesepakbola nasional yakni bek Persebaya Surabaya Rizwan Lauhin dan penjaga gawang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20 Aditya Arya Nugraha.

Trio mengatakan, acara ini merupakan bagian dari susunan acara yang digelar oleh Pemkot Surabaya dalam menyambut Piala Dunia U-17 . Pertandingan sepakbola bergengsi itu, akan digelar mulai dari 10 November – 2 Desember 2023, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

“Jadi di beberapa tempat di Kota Surabaya akan kami gelar even-even seperti ini. Misal, seperti dalam roadshow kali ini kami adakan lomba juggling dan coaching clinic dengan mendatangkan pemain sepakbola,” kata Trio.

Trio menerangkan, selain Roadshow U-17, pihaknya juga akan menggelar berbagai acara lainnya seperti street soccer dan coaching clinic yang akan digelar setiap Minggu pada 1, 8, 15, 29 Oktober dan 5 November 2023 di Jl Darmo dan Jl Tunjungan mulai pukul 05.30 – 09.00 WIB.

“Kami juga melaksanakan kompetisi sepakbola antarkelurahan se-Kota Surabaya yang akan digelar 3-27 Oktober. Lomba tersebut akan digelar di lapangan Sumberejo, Mulyorejo, Kolombo, dan Jambangan,” ucapnya.

Selain itu, Trio melanjutkan, juga akan ada acara serupa yakni juggling bersama pemain Persebaya Surabaya pada 8 Oktober 2023, mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB di Kya-kya Kembang Jepun.

Selanjutnya, di 14 Oktober 2023, Disbudporapar akan menggelar lomba e-Sport dan live musik akustik, mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB di GWalk area Cross Culture Festival.

“Kemudian di tanggal 21 Oktober 2023 juga akan ada mini games soccer dan e-Sport di Taman Surya, mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB,” lanjutnya.

Ia menambahkan, sebagai pamungkasnya akan ada acara Trophy Tour yang digelar pada 29 Oktober 2023, mulai pukul 07.00 WIB. Rencananya, trophy tour ini akan digelar di sepanjang Jalan Tunjungan hingga ke area Balai Pemuda.

“Jadi nanti itu trofi piala dunia kita bawa, kita arak mulai dari Jalan Tunjungan sampai masuk ke Balai Pemuda. Nanti kita mulai iring-iringan, dan kita datangkan pemain sepakbola dan dan klub-klub sepakbola ikut berjalan mengawal berjalannya piala dunia ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Yusuf Masruh mengatakan, Roadshow U-17 melibatkan 200 pelajar SD-SMP yang terdiri dari 15 sekolah di Kota Surabaya.

Pada even kali ini, para pelajar yang hadir juga mengikuti lomba juggling dan didampingi oleh Rizwan dan Aditya di CFD Taman Bungkul. Tak hanya itu, dalam kesempatan ini Rizwan dan Aditya juga sempat menceritakan awal mula dirinya merintis sebagai atlet sepakbola nasional. (pur)

baca juga :

Kedubes AS di Irak Dihantam Roket

PTM 100 Persen Kota Surabaya, Berlangsung Lancar dan Baik

Redaksi Global News

Liga 1: Borneo FC Jalani Pemusatan Latihan dengan Gembira

Redaksi Global News