Global-News.co.id
Sport Utama

Liga 1: Main di GBT, Persebaya Dipermalukan Tim Tamu Persikabo

Persebaya dipermalukan tamunya Persikabo 1973 dengan skor 1-2 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (4/8/2023) sore

SURABAYA (global-news.co.id) – Tim Persebaya Surabaya dipermalukan tamunya Persikabo 1973 di kandangnya sendiri dengan skor 1-2 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (4/8/2023) sore.

Dari hasil pertandingan itu, Persebaya tetap berada di papan bawah klasemen sementara di peringkat 16 dengan meraih lima poin dari total enam kali pertandingan.

Sementara, klub yang berjuluk Laskar Padjadjaran tersebut naik peringkat menempati posisi ke-8 dengan poin delapan dari total enam kali pertandingan.

Jalannya pertandingan, hingga sepuluh menit pertama kedua kesebelasan bermain landai dan tenang dengan mengandalkan permainan kaki ke kaki.

Hanya sesekali para punggawa Bajul Ijo melakukan tembakan ke arah gawang Persikabo namun masih melambung di atas.

Persebaya mendapat peluang pada menit ke-15, melalui tusukan pemain bernomor punggung 77 Kasim Botan, yang langsung mengumpan ke Sho Yamamoto, sayang tendangannya berhasil dihalau pemain belakang lawan.

Persebaya terus menggempur pertahanan tim lawan, pada menit ke-25 Kadek Raditya mendapat peluang melalui sundulannya berkat umpan tendangan pojok dari M Iqbal, namun bolanya masih di atas mistar gawang penjaga gawang Persikabo yang dikawal Husna.

Keenakan menyerang, gawang Persebaya malah kebobolan pada menit ke-33 melalui tendangan dari pemain asing Persikabo Jose Varela yang tidak terkawal saat melakukan serangan balik. Skor sementara berubah 0-1, keunggulan tim tamu.

Tak mau tertinggal, tim kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut menambah intensitas penyerangan. Pada menit ke-35, Sho Yamamoto yang terlepas dari penjagaan lawan langsung mengumpan bola dan disambut dengan tendangan Bruno Moreira, namun sepakannya masih melenceng ke arah kiri penjaga gawang.

Di akhir babak pertama, Persikabo justru mendapat peluang melalui pemain asal Jepangnya, yakni Kaishu namun tendangannya berhasil ditepis oleh penjaga gawang Persebaya Ernando Ari.

Hingga peluit tanda turun minum dibunyikan, skor tidak berubah tetap 0-1, bagi Persikabo. Pada babak kedua, Persebaya yang membutuhkan kemenangan langsung melancarkan serangan ke pertahanan lawan.

Terbukti, pada menit ke-47 M Iqbal mendapat peluang, namun tendangannya mampu ditahan penjaga gawang asal Pati, Jawa Tengah tersebut. Tak beberapa lama giliran Paulo Victor juga mendapat peluang melalui sundulannya, namun masih jauh dari gawang Persikabo.

Tidak berhenti sampai di situ, beberapa kali tendangan dari punggawa Green Force selalu muntah oleh penjaga gawang Persikabo yang selalu sigap menjaga pertahanan.

Terhitung tiga kali pemain binaan klub Safin Pati Sports School tersebut menggagalkan tendangan para pemain Persebaya.

Tim yang bermarkas di Stadion Pakansari Bogor tersebut selalu mengandalkan serangan balik untuk mendapat peluang. Kapten tim Persikabo Pendrinho mendapat peluang pada menit ke-73 namun berhasil ditepis Ernando.

Melalui serangan balik, Persikabo menggandakan keunggulan pada menit ke-88 melalui tendangan Rizki Hidayat. Berawal dari tendangan Varela yang membentur mistar gawang, kemudian muncul Rizki yang langsung menjebol gawang kiper kelahiran Semarang itu.

Skor sementara berubah 2-0, kemenangan bagi Laskar Padjajaran. Selang dua menit, tepatnya pada menit ke-90, tendangan Wildan Ramdhani yang menggantikan Paulo Victor berhasil menjebol gawang yang dijaga penjaga gawang yang memiliki nama lengkap Husna Al Malik Riwani Saputra melalui tendangan kaki kiri ke sisi kanan gawang.

Skor sementara berubah menjadi 2-1, kemenangan bagi Persikabo. Namun hingga wasit Heru Cahyono meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor masih sama.

Susunan pemain kedua tim:
Persebaya: Ernando Ari Sutaryadi, Reva Adi Utama (C), Dusan Stevanovic, Muhammad Iqbal, Song Ui-young, Paulo Victor Costa Soares, Sho Yamamoto, Kadek Raditya Maheswara, Ripal Wahyudi, Muhamad Kasim Botan, Bruno Moreira Soares
Pelatih: Aji Santoso

Persikabo 1973: Husna Al Malik Riwani Saputra, Syahrul R Lasinari, Kaishu Yamazaki, Komarodin, Jose Carlos Moreira Varela, Roni Sugeng Ariyanto, Didik Wahyu Wijayance, Nikola Kovacevic, Muhammad Kemaluddin, Joao Pedro Oliveira Santos (C), Yandi Sofyan Munawar
Pelatih: Oleg Kuzmianok. (ntr, sba)

baca juga :

Zona Merah Wajib WFH 75%, Kegiatan Belajar Tatap Muka Ditiadakan

Titis Global News

Lawan Barito Putera, Ajang Pembuktian Gaya Permainan Baru Juku Eja

Redaksi Global News

Pandemi Covid, Dinkes Jatim Catat 408 Kasus DBD Selama Januari

Titis Global News