Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Kementerian ESDM Sosialisasi Konversi Motor Listrik di Surabaya

Direktur Konservasi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Gigih Udi Atmo menjajal motor listrik di sela sosialisasi konversi motor listrik di Grand City Mall Surabaya, Sabtu (12/8/2023).

SURABAYA (global-news.co.id) – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berkomitmen dalam mengejar target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.
Kementerian ESDM telah membuat program-progam untuk mencapai hal tersebut. Salah satunya ialah program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Salah satu dari program KBLBB ialah konversi motor listrik, dimana motor konvensional berbasis Bahan Bakar Minyak (BBM) akan dikonversikan menjadi motor listrik oleh bengkel-bengkel yang sudah mengikuti pelatihan dan sertifikasi oleh Kementerian ESDM.

Guna memasifkan kampanye program konversi motor listrik ini, Kementerian ESDM menggelar Roadshow Program Konversi Motor Listrik kedua, yang dilaksanakan di Kota Surabaya. Pemilihan Jawa Timur menjadi titik sosialisasi ini karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022, jumlah sepeda motor tercatat mencapai 20.740.868 unit, atau provinsi yang dengan jumlah motor tertinggi di Indonesia.

“Pemerintah saat ini berfokus terhadap pengurangan kendaraan motor bakar roda dua karena populasinya lebih dari 120 juta unit dan tren pertumbuhan menunjukkan angka 5-6 persen setiap tahun,” jelas Direktur Konservasi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Gigih Udi Atmo saat pembukaan sosialisasi konversi motor listrik yang bertempat di Grand City Mall Surabaya, Sabtu (12/8/2023).

Ikut hadir dalam acara ini Kepala PPSDM KEBTKE Susetyo Edi Wibowo, Sekretaris Dinas ESDM Prov Jatim Oni Setiawan, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Danto Restyawan dan Perwira Urusan (PAUR) Samsat Surabaya Utara AKP Yuliana Plantika.
Gigih menyebut, pemerintah telah menargetkan sedikitnya 50.000 motor konversi berbasis listrik akan mengaspal di jalanan pada tahun 2023.

Kemudian pada tahun depan target konversi motor listrik akan ditingkatkan, yakni mencapai 150.000 unit.
Dalam mendukung ekosistem konversi motor listrik, Gigih menuturkan bahwa saat ini, sudah ada delapan bengkel konversi yang sudah disertifikasi oleh Kementerian ESDM untuk menjadi mitra program konversi motor listrik. “Dari delapan bengkel tersebut, dapat melakukan proses konversi motor listrik sebanyak 34.979 unit per tahun,” jelasnya.

Antusiasme warga melihat bengkel konversi yang sudah disertifikasi oleh Kementerian ESDM untuk menjadi mitra program konversi motor listrik.

Untuk meningkatkan jumlah bengkel konversi, sambungnya, Kementerian ESDM juga melakukan pelatihan-pelatihan kepada tenaga teknis (montir) bengkel yang dilaksanakan di tiga kota, yaitu Purbalingga, Denpasar, dan Surabaya.

Gigih berharap bahwa acara sosialisasi ini dapat berjalan dengan baik, sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar untuk mengurangi emisi dan ikut ambil bagian dalam menciptakan lingkungan yang bersih dengan melakukan konversi motor listrik. “Semoga kampanye ini memberikan kontribusi peningkatan jumlah motor listrik di Jawa Timur, dan membantu pemerintah dalam upaya percepatan transisi energi dan penurunan emisi gas rumah kaca,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta mengatakan pihaknya yakin minat masyarakat Surabaya akan program ini sangat tinggi. Apalagi didukung Data Badan Pusat Statik (BPS) yang menunjukkan Provinsi Jawa Timur tercatat sebagai pemilik motor listrik terbanyak di Indonesia.

Agung menjelaskan masyarakat Surabaya yang ingin mengetahui banyak terkait program ini bisa mendatangi langsung ke Grand Mall Surabaya. “Silakan hadir langsung ke Lapangan parkir Grand City Mall Surabaya. Di situ akan dijelaskan info lengkap seputar program konversi motlis disertai demo proses konversi dan bengkel yang mengerjakan,” jelasnya.

Pada acara sosialisasi yang mengusung tema ‘Conversion’ ini dilaksanakan pula talkshow dan diskusi dengan narasumber dari Kementerian ESDM, perwakilan Kementerian Perhubungan dan Kepolisian RI. Di lokasi acara tersebut disediakan pula test ride motor listrik hasil konversi, demo proses konversi, dan live performance.

Setelah Surabaya, acara yang sama akan menyasar ke 8 kota besar lainnya di Indonesia yakni Yogyakarta, Semarang, Bandung, Medan, Balikpapan, Makassar, Mataram, dan Kupang Nusa Tenggara Timur. (tis)

baca juga :

Trump Klaim Menangi Pemilu AS

Redaksi Global News

Jadwal Siaran Langsung Final Indonesia Open 2022

Heru Cahyono: Pertumbuhan Industri Perbankan Jatim Positif

gas