Global-News.co.id
Gaya Hidup Utama

Lima Kebiasaan Penyebab Pendarahan Otak Seperti Yang Dialami Cak Nun

Ilustrasi, Ada beberapa kebiasaan penyebab pendarahan otak seperti yang dialami budayawan Cak Nun. (iStockphoto/utah778)

Ilustrasi. Menonton film horor, salah satu kebiasaan penyebab pendarahan otak seperti Cak Nun. (Istockphoto/Geber86)

 

JAKARTA (global-news.co.id) – Budayawan Emha Ainun Najib alias Cak Nun mengalami pendarahan otak dan dilarikan ke rumah sakit. Simak kebiasaan yang bisa picu pendarahan otak seperti yang dialami Cak Nun.

Berdasarkan informasi, Cak Nun menjalani perawatan di RSUP Dr. Sardjito, Jogjakarta, Kamis (6/7) siang. Namun, kini kondisi Cak Nun dikabarkan membaik. Cak Nun telah bisa kembali berkomunikasi meski masih terbatas.

Dilansir dari WebMD, pendarahan otak merupakan salah satu tipe stroke. Pendarahan berasal dari arteri yang pecah, lalu darah merembes pada jaringan dan membunuh sel-sel otak.

Penyebabnya beragam seperti trauma pada kepala, tekanan darah tinggi, aneurisma (pembuluh darah lemah dan pecah), kelainan pembuluh darah, dan konsumsi obat pengencer darah.

Akan tetapi ada kebiasaan-kebiasaan yang ternyata memicu pendarahan otak seperti yang dialami Cak Nun.

1. Merokok
Merokok adalah kebiasaan berbahaya dan memicu aneka ragam penyakit. Tak hanya pendarahan otak pemicu stroke hemoragik, merokok juga memicu masalah pernapasan.

Anda merokok? Sebaiknya setop mulai dari sekarang.

2. Mager
Mager alias malas bergerak sebaiknya tidak jadi kebiasaan. Mager bisa memicu kenaikan berat badan sampai obesitas yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke.

Dikutip dari Times of India, aktivitas fisik teratur dan gaya hidup sehat akan melindungi Anda dari risiko stroke.

3. Nonton film horor
Sensasi terkejut saat menonton film horor memang menyenangkan buat sebagian orang. Ada rasa ‘nagih’ sehingga satu film rasanya kurang. Namun, ternyata kebiasaan ini bisa memicu pendarahan otak.

Salah satu penyebab pendarahan otak adalah aneurisma. Seperti dikutip dari CBS News, studi menunjukkan rasa terkejut akan memperburuk orang yang sudah punya kondisi aneurisma otak. Mereka memiliki risiko 23 kali lipat pecah pembuluh darah ketimbang yang tidak punya aneurisma otak.

4. Konsumsi garam berlebihan
Menjaga tekanan darah tetap stabil adalah kunci menghindari pendarahan otak yang bisa berujung pada stroke. Asupan garam yang tinggi akan membuat tekanan darah jadi tak lagi stabil.

Konsumsi garam berlebih akan menaikkan tingkat natrium sel dan keseimbangan cairan terganggu. Mengutip dari laman Kemenkes, cairan yang masuk ke dalam sel membuat arteri mengecil sehingga jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan darah naik.

5. Berkendara tanpa helm
Bukan berarti naik motor tanpa helm akan memicu pendarahan otak. Namun, risiko pendarahan otak akan lebih tinggi kalau terjadi benturan atau cedera kepala. Meski jarak dekat, sebaiknya tetap pakai helm.

Demikian beberapa kebiasaan yang bisa memicu pendarahan otak seperti yang dialami Cak Nun. (cnn, ins)

baca juga :

Jelang PSBB, Ketua DPRD Surabaya Minta Sosialisasi Harus Cepat dan Masif

Redaksi Global News

Jangkau Kasus COVID-19 di 38 Kab/Kota, Pemprov Jatim Masifkan Rapid Test, TCM dan PCR Massal

Redaksi Global News

Formasi Baru Persela Lebih Prospektif

Redaksi Global News