Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Bukukan Pertumbuhan Berkualitas, Analis Saham Apresiasi BBNI

JAKARTA (global-news.co.id) –
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI pada enam bulan pertama tahun ini fokus menjalankan strategi pertumbuhan yang prudent berorientasi pada profitabilitas jangka panjang, di antaranya adalah melalui disiplin dalam menyalurkan kredit ke segmen perusahaan berfundamental kokoh.

Strategi pertumbuhan berkelanjutan itu dinilai positif oleh sejumlah analis. Realisasi kinerja keuangan semester pertama 2023 bank berkode saham BBNI itu juga dinilai telah sesuai dengan ekspektasi para analis tersebut.

Dikutip dari platform Bloomberg, dari 35 analis pasar modal yang mereview BNI, 33 analis memberikan rekomendasi “Buy” dan tidak ada yang memberikan rekomendasi “Sell” dengan rata-rata proyeksi target price mencapai Rp11.350.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Eka Savitri mengatakan, langkah agresif BNI untuk menyalurkan kredit korporasi bagi perusahaan-perusahaan blue chip sektor tertentu, seperti telekomunikasi, utilitas, dan transportasi, merupakan keputusan tepat.

Dengan penyaluran kredit korporasi secara selektif, menjadikan biaya kredit yang dikeluarkan BNI relatif rendah dan risiko penyaluran kredit turun. Selain korporasi, perseroan tetap gencar menawarkan kredit payroll dan mencari sumber dana murah (CASA) yang berkelanjutan.

“Kami memproyeksikan pertumbuhan kredit korporasi perseroan mencapai 11% tahun ini dengan kontribusi sebanyak 51,2% terhadap total kredit yang disalurkan,” kata Eka dalam risetnya.

Eka menambahkan, penurunan biaya kredit (CoC) BNI menjadi sentimen positif terhadap kinerja keuangan dan target harga saham BBNI.

Dengan langkah tersebut, dia mengatakan, pertumbuhan laba bersih BBNI diprediksi mencapai 19,2% menjadi Rp21,8 triliun tahun ini.

Kenaikan tersebut didukung ekspektasi pertumbuhan kredit sebesar 8,8% tahun 2023, NIM diprediksi terjaga di kisaran 4,8%, dan pertumbuhan belanja operasional hanya 7,5%.

Lonjakan laba bersih tersebut juga didukung ekspektasi biaya kredit hanya 149 bps tahun ini atau lebih rendah dari realisasi tahun lalu 187 bps.

Keputusan perseroan memfokuskan ekspansi kredit ke korporasi bagus mendorong BRI Danareksa Sekuritas untuk merevisi naik target harga saham BBNI dari Rp11.500 menjadi Rp12.000 dengan rekomendasi dipertahankan beli. Target tersebut juga mengimplikasikan perkiraan PBV tahun 2024 sekitar 1,4 kali.

Pandangan senada juga diungkapkan analis Samuel Sekuritas, Brandon Boedhiman, dan Prasetya Gunadi.

Mereka menyebutkan, BNI diproyeksikan mampu *mempertahankan* peningkatan kualitas sistem manajemen risiko, terutama untuk sektor wholesale. Hal ini diharapkan menciptakan kualitas aset yang terus membaik ke depan.

“Fokus tersebut mendorong kami untuk mempertahankan rekomendasi beli saham BBNI dengan target harga Rp12.700 per saham. Target harga tersebut menyiratkan perkiraan PBV tahun ini sekitar 1,3 kali,” tulis Brandon dan Prasetya dalam riset terbarunya.

Terkait pertumbuhan laba bersih semester pertama 2023, Boedhiman dan Gunadi mengatakan, sudah sesuai ekspektasi Samuel Sekuritas atau merefleksikan 47,1% dari target sepanjang tahun ini.

Pertumbuhan laba bersih tersebut didorong sejumlah faktor, seperti peningkatan pendapatan bunga bersih (NII) sebesar 5,1%.

Meski kenaikan NII lebih rendah dibandingkan semester pertama 2022, dia mengatakan, bisa dimaklumi sejalan dengan fokus perseroan dalam menciptakan peningkatan kualitas aset dengan penyaluran kredit ke segmen berisiko rendah.

Fokus penguatan kualitas aset, terang mereka, tidak akan membuat penyaluran kredit BNI terseret. BNI diprediksi bisa mencapai pertumbuhan kredit berkisar 7-9% sepanjang 2023 dengan kredit lebih aman.

Segmen korporasi swasta tier 1 akan menjadi penggerak utama. Penguatan kualitas aset juga berimbas terhadap margin bunga bersih (NIM) dengan prediksi mencapai 4,6% dan biaya kredit (CoC) diproyeksikan turun jauh menjadi 1,5% tahun ini.

Target harga saham tersebut juga mempertimbangkan proyeksi BNI mampu mempertahankan rasio dividen sebesar 40% hingga 50% dalam tahun-tahun mendatang.

Proyeksi kenaikan laba bersih BNI menjadi Rp21,86 triliun tahun 2023, dibandingkan realisasi tahun lalu Rp18,31 triliun.

Pandangan positif terhadap BBNI juga datang dari analis RHB Sekuritas Indonesia, David Chong.

Menurut dia, BNI menunjukkan prospek kinerja yang lebih baik memasuki semester kedua 2023. Tren tersebut terlihat dari perbaikan sejumlah indikator perseroan pada kuartal kedua, dibandingkan dengan kuartal pertama 2023.

Peningkatan outlook perseroan didukung faktor ekspektasi penyerapan belanja pemerintah lebih tinggi menjelang pelaksanaan pemilu dan ekspektasi pertumbuhan konsumsi masyarakat pada paruh kedua. Begitu juga dengan proyeksi biaya kredit di bawah 1,5% ikut memberikan sentimen positif.

Hal ini mendorong RHB Sekuritas untuk mempertahankan rekomendasi beli saham BBNI dengan target harga Rp11.700 per saham.

Target tersebut merefleksikan estimasi kenaikan laba bersih menjadi Rp23,64 triliun pada 2023 dan kembali diproyeksikan meningkat menjadi Rp26,01 triliun pada 2024.

Lebih lanjut dari proyeksi optimis para analis tersebut, BNI juga tetap layak terus menjadi koleksi investasi karena dari sisi valuasi, rasio Price to Book Value (PBV) BNI masih di kisaran 1,2 kali, sangat atraktif bila dibandingkan emiten besar lainnya, serta masih di bawah rata-rata PBV BNI dalam 10 tahun terakhir yang mencapai 1,4 kali, sehingga bisa dibilang saat ini saham BNI undervalued.

Selain itu, dengan asumsi dividend payout ratio 40% sama seperti tahun 2022, BBNI berpotensi menghasilkan dividend yield 5% sampai 6% bagi investor tahun 2023 ini. (jef)

baca juga :

Tinjau Vaksinasi di Unesa, Walikota Eri Pastikan terus Bergerak Bersama Kejar Herd Immunity di Surabaya

Titis Global News

Pengurus Baru IPHI Jatim Dilantik, Wagub Emil Dardak Jadi Ketua IPHI Jatim Periode 2020-2025

Redaksi Global News

Lestarikan Budaya Wayang, Disdikbud Kab. Madiun Gelar Parade Dalang Anak dan Remaja

gas