Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Nasional Utama

Tim Penilai Lomba Desa Jatim Datang ke Kabupaten Mojokerto

Tim Penilai Lomba Desa Jatim foto bersama Bupati Mojokerto dan jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Mojokerto. (foto Diskominfo Kab Mojokerto)

MOJOKERTO (global-news.co.id) – Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan, serta Lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari Provinsi Jawa Timur datang ke Kabupaten Mojokerto. Kedatangan tim tersebut untuk menilai Desa Cinandang, Kecamatan Dawarblandong yang berhasil masuk 3 (tiga) besar.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, menerima kedatangan tim penilai di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Mojokerto, Senin (19/6/2023). Bupati Ikfina berharap Desa Cinandang mendapatkan nilai terbaik.
“Mudah-mudahan nanti untuk penilaian ini jauh lebih baik daripada penilaian pada saat pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Seperti dikutip dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mojokerto, ada beberapa kategori yang dinilai antara lain indikator pelaksanaan pemerintahan desa, indikator keuangan, kewenangan desa, dan akuntabilitas desa, serta indikator administrasi, identitas, dan batas.

Ada pula indikator kinerja, partisipasi masyarakat, kapasitas dan inisiatif, indikator ekonomi, kemiskinan, dan investasi, indikator teknologi informasi dan inovasi, indikator lembaga kemasyarakatan dan adat budaya, indikator PKK, indikator keamanan dan ketertiban, indikator pendidikan, indikator kesehatan, dan indikator tanggap bencana.

Bupati Ikfina mengungkapkan, usaha Desa Cinandang dalam meraih beragam prestasi tidak lepas dari komitmen Kepala Desa dan Tim Penggerak (TP) PKK, serta dukungan penuh yang diberikan oleh seluruh masyarakat Desa Cinandang.

“Saya melihat semangat Bapak Kepala Desa Cinandang didampingi Ibu Ketua TP PKK Desa Cinandang memang sangat luar biasa. Beliau berdua juga sangat dicintai warganya dan punya komitmen yang mulia untuk memajukan desa,” katanya.

Bupati Mojokerto juga mengatakan, ke depannya Pemkab Mojokerto akan memberikan bantuan keuangan (BK) Desa untuk Desa Cinandang sebagai bentuk apresiasi.

“Kami siap ke depannya untuk memberi BK Desa di APBD sebagai bentuk reward. Harapan kami kalau panjenengan semua tim penilai dapat memberi apresiasi untuk Cinandang, ini akan menjadi semangat bagi desa-desa lain untuk menyusul berprestasi juga,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur, Budi Sarwoto saat mengenalkan tim penilai, juga sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Mojokerto yang telah berhasil membina desanya untuk meraih prestasi. Seperti halnya Desa Cinandang yang dinilai, dan Desa Kesiman yang kemarin mendapatkan penilaian terkait Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

“Belum satu bulan kami menilai Lomba Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur 2023 beberapa waktu lalu di Cinandang. Kita akan menilai lagi dua lomba. Ini menandakan Desa Cinandang bukan kaleng-kaleng, karena mendapat pembinaan yang baik dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Minggu kemarin saya juga baru selesai menilai Desa Kesiman Kecamatan Trawas dalam lomba BUMDesa yang masuk 5 besar,” kata dia. (kmf, jnr)

 

baca juga :

HUT ke-150, PD Pasar Surabaya MoU bersama Tiga Instansi

Redaksi Global News

Menkeu Sri Mulyani Proyeksikan Ekonomi Triwulan III-2021 Tumbuh 4,3 Persen

Redaksi Global News

Dituduh Amerika Ciptakan Corona, Institut Virologi Wuhan Buka Suara

Redaksi Global News