Global-News.co.id
Metro Raya Pendidikan Utama

PPDB 2023: Wawali Cak Ji Minta Warga Tak Mampu Manfaatkan Jalur Afirmasi

Wakil Walikota Surabaya Armuji

SURABAYA (global-news.co.id) – Warga Surabaya kategori tidak mampu dapat manfaatkan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Tahun 2023 melalui jalur afirmasi atau dikenal mitra warga. Hal itu diungkapkan Wakil Walikota (Wawali) Surabaya Armuji, Rabu (14/6/2023)

Wawali Armuji mengatakan, “Pemerintah Kota mengalokasikan 5 persen dari pagu masing masing sekolah untuk mengakomodir warga tidak mampu.”

Menurut dia, pendaftaran PPDB SMP Surabaya jalur afirmasi mulai dibuka pada Jumat (9/6). Pendaftaran PPDB digelar secara daring melalui laman resmi ppdb.surabaya.go.id.

Ada tujuh jalur PPDB SMP Surabaya 2023 meliputi jalur afirmasi kategori inklusi, afirmasi kategori keluarga miskin atau pra-miskin, perpindahan tugas, prestasi nilai rapor sekolah, jalur prestasi lomba, jalur penghafal kitab suci, dan jalur zonasi.

Wawali Armuji menegaskan warga yang diterima melalui jalur afirmasi akan ditanggung biaya operasional pendidikannya oleh Pemkot, bahkan memperoleh perlengkapan sekolah gratis berupa seragam, sepatu dan tas.

“Komitmen kami agar memberikan ruang bagi siswa yang memiliki niat untuk sekolah namun terhalang biaya, sehingga pemerintah kota hadir,” kata Cak Ji, panggilan akrabnya.

Diketahui untuk PPDB SMP Negeri jalur Afirmasi dimulai pada 9 Juni 2023 hingga 14 Juni 2023 melalui daring. Ia juga menyampaikan agar apabila ada kesulitan bisa menghubungi posko pengaduan PPDB yang ada di kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Yusuf Masruh sebelumnya mengatakan, seluruh pendaftaran PPDB sekolah negeri tidak dipungut biaya dan proses pendaftarannya menggunakan sistem daring atau online.

Untuk jenjang TK Negeri, pendaftaran dimulai 10 Juni 2023 melalui laman ppdbtk.surabaya.go.id, jenjang SD Negeri dibuka mulai 25 Juni 2023 dengan mengakses laman ppdbsd.surabaya.go.id dan jenjang SMP Negeri dimulai 22 Mei 2023 dengan mengakses laman ppdb.surabaya.go.id.

Yusuf mengatakan, tidak menutup kemungkinan ada orangtua atau wali murid yang menyekolahkan anaknya bersamaan, mulai jenjang TK, SD, atau SMP. Maka informasi sejelas-jelasnya harus disampaikan. (pur)

baca juga :

Vaksinasi Gelaran PWI-Pemprov Jatim Diikuti 442 Wartawan

gas

Soft Opening Pasar Turi Baru, Bangkitkan Kejayaan Pusat Perekonomian Indonesia Timur

Redaksi Global News

Dukung KTT G20, Kementerian PUPR Benahi Infrastruktur Kawasan Bali

Redaksi Global News