Global-News.co.id
Mataraman Nasional Utama

Positif Narkotika, Kajati Jatim Copot Kajari Madiun Andi Irfan

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kajati Jatim) Mia Amiati

SURABAYA (global-news.co.id) –
Akibat positif narkotika berdasarkan tes urine, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Madiun Andi Irfan Syafruddin, dicopot oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kajati Jatim) Mia Amiati.

Selanjutnya melalui keterangan tertulis, Jumat (9/6/2023) malam, Kajari Jatim menyebutkan, “Kami informasikan Pelaksana Tugas atau Plt Kajari Kabupaten Madiun saat ini ditempati Reopan Saragih, yang juga Koordinator pada Bidang Pidana Khusus Kejati Jatim.”

Menurut Kajati Mia, awal mula Andi Irfan Syafruddin diketahui positif narkotika berawal dari kunjungan kerja anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Kantor Kejati Jatim di Surabaya, pada 12 Mei 2023.

“Momen itu saya manfaatkan untuk dilakukan tes urine dan pengambilan sampel rambut karena semua Kajari dari 39 kota/kabupaten hadir di Kantor Kejati Jatim,” ujarnya.

Secara diam-diam, ketika itu Mia mengutus anggota Kejati Jatim yang bisa dipercaya untuk menghubungi Kepolisian Daerah (Polda) setempat yang membidangi masalah tes urine.

“Setelah acara kunjungan kerja Komisi III DPR RI selesai, para Kajari saya perintahkan untuk tetap di tempat. Kemudian dilaksanakan tes urine dan pengambilan sampel rambut tanpa ada kebocoran informasi. Jadi rencana saya melakukan tes urine dan pengambilan sampel rambut ini tidak ada yang tahu,” ucapnya.

Pelaksanaan tes urine dan pengambilan sampel rambut dilaksanakan secara bergantian sesuai dengan standar operasional prosedur dan ketentuan dari tim Polda Jatim.

Kajati Mia memastikan saat pengambilan urine, petugas Polda Jatim ikut masuk ke kamar mandi.

Hasil tes urine dan pengecekan sampel rambut dari Polda Jatim keluar 16 Mei 2023, yang hasilnya terdapat seorang atas nama Andi Irfan Syafruddin positif narkotika aktif metamfetamina.

“Selanjutnya saya selaku Kajati Jatim langsung melaporkan secara tertulis kepada pimpinan di Kejaksaan Agung untuk memohon petunjuk,” katanya. (ins, her)

baca juga :

Tepung Kelor Desa Kesilir Jember Lawan Imej Mistis, Dipesan hingga 2 Ton Per Bulan

Redaksi Global News

Porprov VIII Jatim: KONI Surabaya Targetkan Raih 150 Emas

Redaksi Global News

Hadapi Tim Bajul Ijo, PSM Coba Manfaatkan Celah Kelemahan Lawan

Redaksi Global News