Global-News.co.id
Metro Raya Nasional Teknologi Utama

Performa Optimal Menilai IT Yang Dimiliki Surabaya Terbaik di Indonesia

Forum Smart City Nasional 2023 yang digelar oleh Kemenkominfo RI bersama Pemkot Surabaya di Kota Surabaya, 12-14 Juni 2023

SURABAYA (global-news.co.id) –
Teknologi informasi (TI) yang dimiliki Kota Surabaya, Jatim, terbaik di Indonesia. Hal itu dikemukakan perusahaan berbasis teknologi informasi sekaligus penyedia e-catalogue Nasional, Performa Optimal Grup.

Presiden Direktur Performa Optimal Grup, Stefanus Sugeng Irawan dalam keterangannya di Surabaya, Selasa (13/6/2023), mengatakan, sejak tahun 2007, pihaknya terus mendukung pembangunan berbasis teknologi informasi di Kota Surabaya. “Sebab, teknologi tinggi yang dimiliki Kota Surabaya mampu bersaing dengan kota besar lainnya di Indonesia,” katanya.

Hal itu disampaikan setelah pihaknya berpartisipasi dalam Pameran Infrastruktur dan Forum Smart City Nasional 2023 yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bersama Pemkot Surabaya di Kota Surabaya, 12-14 Juni 2023.

Maka pihaknya memiliki kewajiban membangun Kota Surabaya menjadi kota yang berteknologi tinggi. “Kami setiap tahun, selalu menawarkan TI yang bisa diaplikasikan di dinas Surabaya,” kata Stefanus.

Sebab, menurutnya, teknologi informasi yang dimiliki Kota Surabaya merupakan salah satu TI yang terbaik di Indonesia. Hal ini telah dilanjutkan oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi dari kepemimpinan walikota sebelumnya yang menciptakan berbagai inovasi, yakni kemudahan teknologi dalam satu genggaman atau control in one hand.

“Dengan TI, semuanya bisa terlihat, mulai dari kinerja hingga warga bisa mengakses secara langsung. Surabaya masih yang terbaik dari kota yang lain. Bahkan, dengan Jakarta pun, lebih bagus Surabaya dari sisi teknologi,” ujarnya.

Ia menjelaskan dengan demikian Pemkot Surabaya telah melakukan transformasi digital serta melakukan efisiensi layanan digital dalam segala bidang. Bahkan, seusai bupati/walikota menyampaikan keinginan mereplikasi berbagai program teknologi informasi milik Pemkot Surabaya.

“Lebih cepat dan lebih mudah serta ramah pengguna, karena Surabaya juga bersaing dengan kota-kota besar di Indonesia,” ucapnya.

Namun demikian, Stefanus menerangkan, Performa Optima Group turut mendukung pengembangan program smart city di Kota Surabaya, salah satunya adalah smart environment, yakni pembangunan tata kelola lingkungan yang baik dan cerdas.

“Dalam kegiatan ini, jenis produk yang dipamerkan arahnya ke komunikasi dan informatika. Sehingga, condong ke data pusat, efisiensi jaringan, dan perangkat lunak aplikasi yang bisa digabungkan dengan perangkat keras. Jadi, bisa menjadi satu sistem yang terintegrasi,” katanya.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan semua daerah bisa melihat dan mengintegrasikan pelayanan publik yang sudah diterapkan di Surabaya.

“Jadi, akan saling melengkapi antardaerah untuk membuat yang terbaik bagi kepentingan rakyat. Terima kasih sudah diletakkan di Surabaya yang bisa menjalankan smart city. Serta, terima kasih Performa Optima Group yang sudah memberikan dukungan penuh dalam kegiatan ini,” katanya. (pur)

baca juga :

Sharing Pengelolaan Sampah, Bupati Gresik Kunker ke Sidoarjo

Redaksi Global News

Semen Indonesia Resmikan Akademi Komunitas Semen Indonesia di Rembang dan Aceh

Redaksi Global News

Pamekasan Gencarkan Vaksinasi Mastana, Pastana, dan Santana

gas