Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Sharing Pengelolaan Sampah, Bupati Gresik Kunker ke Sidoarjo

SIDOARJO (global-news.co.id) – Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor, SIP, menerima kunjungan salah satu pimpinan Surabaya Raya, yakni Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, SE, Kamis (20/10/2022) di Pendopo Delta Wibawa.

Gus Muhdlor sapaan Bupati Sidoarjo, menyambut baik kunjungan kerja Bupati Gresik terkait pengelolaan sampah dan pembangunan RSUD Barat. Mengenai pengelolaan sampah sudah banyak kabupaten lain belajar pengelolaan sampah di Kabupaten Sidoarjo.

“Boleh mengadopsi pengelolaan sampah dan pembangunan RS Sibar secara sistem dan mekanismenya, namun jangan diambil orangnya (tenaga ahlinya),” tegasnya.

Menurut Gus Muhdlor, Kabupaten Sidoarjo juga sudah melaksanakan MoU dengan Kota Batu terkait aplikasi E-Kenda. Aplikasi ini untuk membantu pengendalian, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan paket pekerjaan mulai dari awal hingga akhir.

“Mengenai pengelolaan sampah, kita sudah mempunyai TPST RDF hingga saat ini jumlahnya sekitar 170-an. Sampah diupayakan terkelola di tempat, jadi diupayakan masuk ke TPA sudah berkurang atau sudah berupa bahan baku. Kalau sampah langsung diangkut ke TPST, biaya angkutnya yang tinggi,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas DLHK Kabupaten Sidoarjo M. Bahrul Amiq, yang mengaku pekerjaan yang dijalani saat ini merupakan remisi untuk mengelola sampah di Kabupaten Sidoarjo. Ia berkeinginan kuat mencari solusi terbaik dalam pengelolaan sampah dan lingkungan melalui beberapa penelitian dan inovasi yang telah dan sedang dikembangkan.

Sejauh ini hampir di seluruh daerah, penanganan sampah masih dengan metode dipindahkan, namun di Kabupaten Sidoarjo pengelolaan sampah diselesaikan di tempat melalui TPST RDF yang telah dibangun di beberapa kawasan.

Ia juga mengatakan saat ini DLHK Kabupaten Sidoarjo juga mengembangkan eco lindi untuk pupuk tanaman. Sampah di TPA Jabon sebagian telah diolah menjadi bahan bakar alternatif RDF briket. DLHK Kabupaten Sidoarjo gerak cepat dalam membentuk prototipe pengelolaan sampah yang berdaya guna. (eny)

baca juga :

Popnas XVI/2023: Jatim Incar Juara Umum

Redaksi Global News

Rute Wisata Air Surabaya: Dari Kalimas, Kini hingga Jembatan Petekan

Redaksi Global News

Perajin Kebanjiran Repeat Order, Gebyar Batik di Malang-Tuban Sukses

gas