Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Kedawung Setia Industrial Tbk, Catat Laba Rp 76,1 M

Kedawung
DARI KIRI-KANAN: Andi Subroto – Direktur – Corporate Secretary, Tjipto Wirahadikusumah Wibisono – Direktur , Permadi Al Suharto – Presiden Direktur, H.M.Y. Bambang Sujanto – Presiden Komisaris, Harianto Wibisono – Komisaris, Fadelan – Komisaris Independen, Puguh Sudradjat – Komisaris Independen.

SURABAYA (global-news.co.id)-Di tengah perekonomian yang belum stabil baik lokal maupun internasional akibat Covid-19, PT Kedawung Setia Industrial Tbk, berhasil membukukan laba bersih Rp 76,1 miliar sepanjang tahun 2022. Ini merupakan keberhasilan perseroan, dimana saat sejumlah industri, khususnya usaha sejenis terkena dampak covid-19.

Bila dibandingkan tahun sebelumnya, perolehan laba ini meningkat sekitar 10 persen dibanding tahun 2021 yang mencapai Rp 6,8 miliar. Bagaimana dengan prediksi laba tahun 2023? Untuk hal ini, perseroan optimistis laba akan meningkat seiring dengan usaha-usaha perseroan untuk meningkatkan kinerja perseroan. “Terutama penetrasi pasar yang produk-produk baru,” kata Dr. Andi Subroto, Corporate Secretary PT Kedawung Setia Industrial Tbk seusai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2022 di Kantor PT Kedawung Setia Industrial Tbk, di Jalan Mastrip, Surabaya, Jumat (30/6/2023).

Kedawung
Andi Subroto (kanan) menunjukkan salah satu produk unggulan PT Kedawung Setia Industrial Tbk.

Andi yang juga Direktur PT Kedawung Setia Industrial Tbk, tersebut mengatakan, RUPS menyetujui penggunaan laba neto Perseroan untuk Tahun Buku 2022 sebesar Rp 76,1 M, yang ditetapkan sebagai berikut:

a. Perusahaan akan membagikan Dividen Final Kepada Pemegang Saham Perseroan sebesar Rp 30,3 M sehingga per 1 lembar saham Mendapatkan Rp 75.

b. Sebagai dana cadangan sebesar Rp 1 M, dan

c. Selanjutnya sisanya sebesar Rp 44,7 M belum ditetapkan penggunaannya.

Atas kinerja tersebut di atas maka Rasio PER (Price Earning Ratio ) saham KDSI sekitar 6 kali, dan dividen yield sekitar 6.5 %. Rasio ini mengindikasikan saham KDSI menunjukkan melantai dengan kondisi bagus.

Ke depan Perseroan akan berupaya mempertahankan dan meningkatkan kinerja pada tahun 2023 di tengah tantangan tahun politik nasional dan kondisi ekonomi global yang mengalami Stagflation.

Penjualan

Meningkatnya laba tersebut utamanya disebabkan oleh angka penjualan yang cukup bagus. PT Kedawung Setia Industrial Tbk selama tahun 2022 membukukan penjualan sebesar Rp 2,35 triliun. Capaian tersebut naik 5% dibanding tahun 2021 yang sebesar Rp 2,24 triliun. Tahun 2023, emiten berkode saham KDSI itu menargetkan penjualan tumbuh 5%.

“Tahun ini ada banyak tantangan. Baik secara ekonomi maupun politik. Secara ekonomi, masih dibayangi dengan inflasi yang cukup tinggi. Bahkan di Amerika Serikat, inflasi sudah mencapai double digit. Kemudian tahun ini juga masuk tahun politik karena menjelang Pemilu,” katanya.

Guna mencapai target penjualan sebesar 5%, kata dia, pihaknya akan memperkuat penetrasi pasar. Sejauh ini, produk dari KDSI yang paling banyak terserap ke pasar adalah karton boks. Bahkan, karton boks berkontribusi sebesar 90% dari total penjualan.

Sisanya dari produk alat dapur serta peralatan rumah tangga.

“Sekitar 95% pangsa pasar kami adalah domestik. Tapi untuk produk peralatan rumah tangga, sebagian kami ekspor,” kata Andi.

Rapat juga memutuskan, menerima dan menyetujui untuk memberhentikan dengan hormat Bapak Puguh Sudradjat selaku Komisaris Independen dan Bapak Harianto Wibisono selaku Komisaris Perseroan terhitung sejak ditutupnya Rapat ini.
Sehingga dengan demikian, Susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan menjadi sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS:

Presiden Komisaris : H.M.Y. Bambang Sujanto

Komisaris : Ali Sugiharto Wibisono

Komisaris Independen : Fadelan

DIREKSI PERSEROAN:

Presiden Direktur : Permadi Al Suharto
Direktur : Andi Subroto.

“Kami yakin KDSI ke depannya akan lebih baik kinerjanya,” pungkas Andi. (Erfandi Putra)

 

baca juga :

Gubernur Khofifah Sampaikan Bela Sungkawa atas Wafatnya Ibu Marie Basofi Soedirman

Redaksi Global News

Liga 1: PSIS Semarang Rekrut Gian Zola

Program Padat Karya: Walikota Eri Ajak Warga Pra-sejahtera