Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Program Padat Karya: Walikota Eri Ajak Warga Pra-sejahtera

Salah satu usaha program Padat Karya di Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengajak warga Kota Pahlawan, Jawa Timur, yang masuk golongan pra sejahtera untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui Program Padat Karya binaan pemerintah kota (Pemkot) setempat.

“Program Padat Karya merupakan salah satu upaya Pemkot untuk mengentaskan kemiskinan dengan menambah pendapatan keluarga setiap bulan,” kata Eri Cahyadi dalam keterangannya, Rabu (14/6/2023).

Menurutnya, warga bisa memilih berbagai sektor pekerjaan yang tersedia dalam Program Padat Karya berbentuk kafe, sentra menjahit, laundry, cuci kendaraan, perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu), budi daya pertanian dan peternakan, serta rumah maggot hingga pembuatan paving.

Harapannya, kata dia, produk dari Program Padat Karya dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh Pemkot untuk tujuan pembangunan Kota Surabaya. “Ada banyak jenis stan dari Padat Karya, warga bisa memilih,” ujar Cak Eri panggilannya.

Cak Eri menjelaskan Program Padat Karya merupakan salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan dengan menambah pendapatan keluarga yang kurang mampu di Kota Pahlawan setiap bulan.

Artinya, lanjut dia, jika sang suami telah bekerja, maka sang istri bisa mencari tambahan pendapatan dengan mengikuti Program Padat Karya.

“Ayah sudah bekerja, apakah ibunya bekerja atau tidak? Ternyata ibunya bisa menjahit bagian kancing, langsung bekerja menjahit kancing dan bisa dikerjakan di rumah. Nanti suaminya bisa membantu mengambil dan mengantar orderannya,” kata Cak Eri.

Salah seorang warga Kelurahan Kertajaya, Gubeng, Surabaya, Erika, menyampaikan terima kasih kepada Walikota Eri Cahyadi atas ajakannya mengikuti Program Padat Karya.

Erika mengaku setiap pagi hanya berjualan bubur dan setelah itu tidak melakukan aktivitas apapun. Untuk itu ia ingin mendapat tambahan penghasilan melalui Program Padat Karya. (pur)

baca juga :

2017, Jawa Timur Berangkatkan 36.640 Calon Jamaah Haji

Gresik Sumbang 44 Atlet dan Ofisial ke PON XX, Bupati Gus Yani Melepasnya

Redaksi Global News

Aparat Desa, Poktan, Tomas-Tokoh Agama Juga Harus Faham UU Bea Cukai

gas