Global-News.co.id
Madura Utama

Ingin Kembali Rebut Prestasi, Disdikbud Gelar TOT Guru Pembina OSN Tingkat SMP

PAMEKASAN (global-news.go.id) –Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pamekasan menggelar Training Of Trainer (TOT) pembina Olimpiade Sain Nasional (OSN) bagi guru IPA, Matematika dan IPS tingkat SMP. Kegiatan ini digelar  selama tiga hari mulai 29-31 Mei 2023, di Hotel Cahaya Berlian Jalan Trunojoyo Pamekasan.
Kepala Bidang SMP Disdikbud Pamekasan Akhmad Rifai  mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 27 orang guru. Masing masing bidang studi pesertanya sebanyak 9 orang guru. Mereka berasal dari guru SMP di Pamekasan, perwakilan dari SMP negeri maupun swasta.
“Kami mendatangkan instruktur dalam TOT ini dari dua Universitas yakni dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk pembinaan TOT bagi guru IPA dan Matematika dan dari Universitas Negeri Surabya (Unesa) Surabaya untuk pembinaan TOT bagi guru IPS.
Latar belakang dan tujuan kegiatan ini, kata Rifai, adalah dalam rangka meningkatkan prestasi siswa SMP khususnya di bidang OSN. Dia mengakui belakangan ini Pamekasan agak jarang berprestasi. Padahal sebelumnya  pernah sering berhasil meraih prestasi tingkat nasional.
“Target kami tiap tahun rutin ada prestasinya khususnya bagi mata pelajaran yang di OSN, yang dilombakan ini. Ini bukan berarti kami menganak tirikan mata pelajaran lain,  tapi memang cuma mata pelajaran itu yang dilombakan. Jadi kita memaksimalkan potensi,” jelasnya.
Para peserta TOT ini, kata Rifai, nanti dalam jangka panjang akan jadi mentor ke semua sekolah, setelah mereka peserta itu mengikuti beberapa kali TOT. Bagi peserta TOT nanti membutuhkan sekitar tiga kali pelatihan untuk bisa menjadi mentor yang baik pada sekolah sekolah baik negeri maupun swasta.
“Berdasarkan informasi  dari nara sumber, butuh tiga kali pertemuan atau pelatihan di TOT lagi nanti. Baru setelah itu alih informasi jadi mentor ke semua sekolah baik negeri dan swasta. Kalau lembaga kami kan SMP negeri swasta, ada 182 SMP negeri swasta se Pamekasan,” ungkapnya.
Rifai berharap agar para peserta training itu mengikuti  secara sungguh sungguh agar bisa menerima secara maksimal semua materi training yang diikutinya.
 “Tujuan kita berharap prestasi yang selama ini pernah diraih, bisa diraih kembali oleh anak anak kita ke depan,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Gandeng Sembilan Universitas Nasional dan Eropa, ITS Kembangkan Proyek Kerjasama

Redaksi Global News

Pilwali Surabaya 2020, Gerindra Siapkan dr Gamal untuk Bersanding Bersama Machfud Arifin

Redaksi Global News

Tentang Kerapnya Kiper Muda Tampil, Coach Persik Beri Jawaban

Redaksi Global News