Global-News.co.id
Mataraman Utama

Bupati Madiun Resmi Tutup Lomba BBGRM 2023

 

MADIUN (global-news.co.id) – Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami resmi menutup kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang dipusatkan di Desa Kedondong Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun pada Senin (19/6/2023).

BBGRM Kabupaten Tahun 2023 mengambil tema Dengan Semangat Gotong Royong Kita Tingkatkan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Optimis Jatim Bangkit.

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami mengatakan kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya menjaga kerukunan dan menumbuhkan semangat gotong royong masyarakat. Dia mengajak seluruh elemen masyarakat ikut merasa memiliki Kabupaten Madiun. Sehingga kepedulian terhadap Kabupaten Madiun tetap tinggi.

“ Marilah kita jaga kerukunan dan tingkatkan semangat gotong royong untuk membangun Kabupaten Madiun,” kata Bupati Madiun.

Dikatakan, kegiatan BBGRM ini merupakan salah satu program strategis dalam mendorong kepedulian dan peran aktif masyarakat untuk terus membudayakan dan melestarikan semangat kegotongroyongan yang merupakan jati diri dan karakter bangsa Indonesia.

“ Dalam hal ini, seluruh elemen mulai pemangku wilayah hingga masyarakat harus terlibat. Hal ini penting dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi positif,” katanya.

Dia meminta semua pejabat wajib peka terhadap isu wilayah dan turut terlibat langsung dalam setiap kegiatan di masyarakat baik fisik (pembangunan) maupun pemberdayaan. Khususnya dalam program BBGRM.

“ Pejabat Pemkab Madiun, TNI, Polri hingga lembaga desa dan masyarakat harus peka terhadap isu yang ada di wilayah,” pintanya.

Dia mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh masyarakat dan Kepala Desa yang berhasil membangun kegotongroyongan di berbagai bidang seperti, pertumbuhan UMKM, pengembangan pertanian dan pemberdayaan lingkungan lainnya.

Dia berpesan kepada seluruh desa bisa menjaga dan menumbuhkan rasa gotong royong. Karena hal ini sebagai modal dalam menjalankan pembangunan Kabupaten Madiun.

“Seluruh desa harus bisa menjaga dan menumbuhkan rasa gotong royong, Sebagai modal dalam menjalankan program pembangunan di Kabupaten Madiun, ” pesannya berharap.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Joko Lelono menyampaikan, lomba BBGR diikuti semua desa/kelurahan di Kabupaten Madiun sejak Mei 2023 lalu. Masing-masing desa telah diseleksi di masing-masing kecamatan. Dari masing-masing kecamatan diambil lima besar. Kemudian diseleksi diambil 1 (satu) dari lima peserta yang akan kita orbitkan ke tingkat Propinsi Jawa Timur.

“ Lomba BBGRM ini kita mulai sejak Mei di berbagai desa seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Madiun. Hari ini (Senin) merupakan puncak pelaksanaannya, “kata Kadis PMD Joko Lelono.

Diinformasikan, dalam lomba BBGRM Kabupaten Madiun Tahun 2023 juara pertama diraih oleh Desa Kedondong Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. (her)

baca juga :

Ajang ADWI 2021, Kampung Blekok Situbondo Sabet Juara 1 Desa Wisata Rintisan

Redaksi Global News

Ratu Elizabeth Turun Tangan, Kobarkan Semangat Perang Dunia II untuk Kalahkan Corona

Redaksi Global News

PWI Jatim gelar UKW dengan Terapkan Protokol Kesehatan

gas