Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Jelang Lebaran, Pemkot Surabaya Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Wakil Walikota Surabaya Armuji

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya, memastikan harga kebutuhan pokok stabil di sejumlah pasar wilayah itu menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, dengan mengambil sejumlah langkah, yakni rutin menggelar operasi pasar bahan pokok di 31 kecamatan.

Wakil Walikota Surabaya Armuji, Selasa (17/4/2023), mengatakan, hampir setiap hari pada Bulan Ramadhan, Dinas Koperasi Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya rutin menggelar operasi pasar bahan pokok.

“Hal ini untuk menjaga harga tetap stabil serta pasokan terjaga,” kata Cak Ji panggilan akrab Armuji.

Harga rata-rata kebutuhan pokok di tingkat konsumen pada 16 April 2023 di sejumlah pasar yakni Pasar Wonokromo, Pasar Genteng, Pasar Tambakrejo dan Pasar Soponyono, Surabaya, tampak stabil.

Sejumlah bahan pokok yang tidak mengalami kenaikan di antaranya beras premium Rp13.800 per kilogram, beras medium Rp11.450 per kilogram, gula kristal Rp13.200 per kilogram, minyak goreng curah Rp16.000 per liter, daging sapi Rp111.000 per kilogram, daging ayam per kilogram, telur ayam ras Rp27.000 per kilogram, cabe merah keriting Rp32.000 per kilogram dan cabe rawit merah Rp32.200 per kilogram.

Cak Ji juga menegaskan, Pemkot Surabaya menjalin kerja sama antar-daerah (KAD) dengan sejumlah produsen di Jawa Timur untuk menekan harga bahan pokok (Bapok). Kerja sama dilakukan melalui skema Bisnis to Bisnis (B2B) dengan cara mempertemukan langsung produsen dan pedagang.

Kerja sama antardaerah di antaranya meliputi Nganjuk, Mojokerto, Blitar. Produknya berupa bawang merah, cabai, dan beras.

“Hal ini dilakukan untuk memangkas rantai distribusi yang terlalu panjang sehingga saat di pasar harga masih bisa di bawah HET (harga eceran tertinggi),” kata Cak Ji.

Menurut Cak Ji, berkat kerja kolaborasi sejumlah pihak terkait, perdagangan pangan mampu menjaga stabilitas harga pangan sehingga masyarakat dapat merasakan bahan pokok yang terjangkau saat memasuki  lebaran yang biasanya mengalami kenaikan. (pur)

baca juga :

MenKopUKM: Koperasi Jadi Solusi untuk Kendalikan Inflasi Pangan

Redaksi Global News

Tak Peroleh Izin, Laga Persebaya Vs Persikabo Batal Digelar

Redaksi Global News

Petani Tembakau Dibantu Infrastruktur Jalan, Irigasi dan Handtractor

gas