Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Polisi Kawal Pelaksanaan Kirab Adipura Kencana di Surabaya

Terkait pelaksanaan Kirab Adipura Kencana di Surabaya, polisi akan mengawal dan mengatur arus lalu lintas

SURABAYA (global-news.co.id) – Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Surabaya AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan kepolisian menyiagakan sejumlah petugas untuk mengawal jalannya kirab penghargaan Adipura Kencana Tahun 2022 hingga ke Balai Kota, Rabu (1/3/2023).

“Pengamanan baik dari personel maupun kendaraannya untuk melaksanakan pengawalan,” kata Aristianto, Selasa (28/2/2023) malam.

Para petugas yang melakukan pengawalan pada proses kirab Piala Adipura Kencana bakal ditempatkan di titik awal keberangkatan, yakni di Jl Ahmad Yani.

Kemudian, peserta kirab bakal bergerak secara bersama-sama melintasi sejumlah jalan utama di Kota Pahlawan, hingga tiba di titik akhir di Balai Kota Surabaya.

“Sistemnya kami melakukan pengawalan untuk rombongan rangkaian kirab. Kami fokuskan untuk pengamanan kirabnya, jadi yang dari Jl Ahmad Yani dikawal supaya aman hingga tiba di balai kota,” ujarnya.

Mengingat acara perayaan itu dilakukan saat hari kerja, petugas bakal melakukan pengalihan arus lalu lintas. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisasi terjadi kemacetan lalu lintas yang bisa berdampak pada aktivitas masyarakat.

Di sisi lain, Satlantas juga bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya untuk menetapkan sejumlah lokasi sebagai kantong parkir di sekitaran balai kota setempat.

“Petugas disiagakan melakukan pengalihan arus. Informasi yang kami terima dari panitia banyak kendaraan berkumpul di lokasi, kami siapkan area parkir di Jl Jaksa Agung Suprapto, Jl Sedap Malam dan Jl Wijaya Kusuma,” katanya.

Aristianto menambahkan Poltestabes Surabaya juga menerjunkan sejumlah tim gabungan untuk mengamankan jalannya acar.

Pengamanan oleh petugas kepolisian, baik yang melakukan pengawalan maupun pengaturan lalu lintas di beberapa lokasi jalan di Kota Surabaya bakal mulai dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, Walikota Surabaya Eri Cahyadi dikabarkan juga bakal langsung mengikuti jalannya kirab bersama para peserta sembari mengawal penghargaan Adipura Kencana.

“Adipura Kencana nanti (dibawa) Pak Walikota didampingi teman-teman dari perangkat daerah dan satgas,” kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Achmad Eka Mardijanto. (pur)

baca juga :

Rangking FIFA: Argentina Teratas, Indonesia Urutan 146

Redaksi Global News

Selasa Esok, Pemkot Surabaya Gelar Rapid Test Serentak di Semua Puskesmas

Redaksi Global News

Jatim Juara Umum KSN Lagi, Gubernur Khofifah Sebut sebagai Kado Hari Guru

Redaksi Global News