Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Songsong Natal, Perbanas Jatim Gelar Donor Darah

Selvy (kiri) saat menyerahkan souvenir kepada Dr Wandai.
SURABAYA (global-news.co.id)-Menyongsong Natal 2022, Perbanas Daerah Jawa Timur (Jatim) menggelar donor darah di Kantor PMI Surabaya, Senin (5/12/2022). Kegiatan ini diikuti 225 peserta dari 29 bank anggota Perbanas Jatim.
Selvy, Sekretaris Perbanas Jatim dalam sambutannya mengatakan, tujuan terselenggaranya kegiatan ini untuk membantu atau berpartisipasi dalam misi kemanusiaan khususnya pada Donor Darah untuk ketersediaan Darah di PMI Kota Surabaya.
 “Sebagai mana yang sudah kita ketahui bahwa setiap harinya permintaan kebutuhan darah sangat besar untuk masyarakat yang membutuhkan, sehingga dalam acara ini kami bisa  berpartisipasi dalam menyumbang ketersediaan darah,” katanya.
Pelaksanaan donor darah yang digelar Perbanas Jatim.
Dia berharap nantinya kegiatan ini bisa berlanjut dan menjadi program kerja rutin Perbanas Jatim.  Sebagai tanda ucapan terima kasih untuk para pendonor diberikan bingkisan sembako. Diharapkan  dalam acara Donor Darah ini banyak yang berhasil dalam berdonor.
“Atas permintaan PMI Surabaya agar acara serupa digelar setiap tiga bulan sekali, kami akan berusaha, tetapi kami siap menggelar setiap Bulan Puasa dan Natal,” kata.Selvy.
Sementara itu Dr Wandai Resotedja, Kabag Pelayanan dan Humas UDD PMI Kota Surabaya mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Perbanas Daerah Jatim. Dengan melaksanakan kegiatan donor, berarti kita bisa membantu sesama. Membantu bagi yang membutuhkan darah.
“Sebenarnya PMI Surabaya setiap harinya membutuhkan sekitar 350 pendonor. Saat ini sudah mencapai 250 sampai 300 pendonor setiap harinya. Angka seperti ini dapat dikata ‘aman’. Meski demikian pihaknya terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk tersedianya darah dengan aman. Misalnya kerjasama dengan pemerintahan, swasta, organisasi hingga komunitas,” katanya.
Dia mengatakan, saat covid-19 orang yang melakukan donor malah cukup mengkhawatirkan. Bayangkan orang yang membutuhkan darah sekitar 1.000 orang per harinya, sementara orang yang  donor kisaran 150 orang. “Semoga darah di Surabaya selalu tersedia untuk menyuplai kebutuhan rumah sakit,” katanya. (Erfandi Putra)

baca juga :

Hati-hati Phantosmia, Si ‘Bau Hantu’!

Redaksi Global News

IMF Prediksikan Ekonomi Indonesia Hanya Naik 0,5 Persen Tahun Ini

Redaksi Global News

Temuan Gunung Bawah Laut Pacitan, BPBD Imbau Warga Tak Khawatir

Redaksi Global News