Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Jelang Nataru, Polresta Sidoarjo Gelar Rakor Lintas Sektoral

 

SIDOARJO (global-news.co.id) – Jelang perayaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Polresta Sidoarjo mengadakan rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Lilin Semeru 2022, di ruang rapat Parahita Raksaka Polresta Sidoarjo, Selasa (20/12/2022).

Rakor ini dipimpin Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro dan diikuti jajaran TNI, Dinas Perhubungan, tokoh agama, pengurus gereja dan stakeholder terkait, yang bertujuan untuk komitmen bersama menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo, dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman di Hari Raya Natal 2022 dan perayaan Tahun Baru 2023.

Kapolresta Sidoarjo menyatakan pihaknya siap mengamankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Serta mengajak semua pihak dan elemen masyarakat untuk turut bersama-sama menjaga situasi kamtibmas Kabupaten Sidoarjo agar tetap aman dan kondusif.

“Di penghujung 2022 ini, ada dua agenda besar yang harus kita jaga yakni Hari Raya Natal 2022 dan perayaan Tahun Baru 2023. Situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo sampai saat ini aman dan kondusif, karenanya mari kita tetap jaga dari berbagai gangguan kamtibmas supaya perayaan kedua agenda tersebut berlangsung aman, masyarakat pun dapat merayakan dengan tenang,” ujarnya.

Polresta Sidoarjo didukung jajaran TNI dan stakeholder terkait nantinya diturunkan di sejumlah gereja dan pusat keramaian yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Harapannya masyarakat dalam merayakan Natal dan pergantian tahun di rumah saja dan mematuhi peraturan yang ditetapkan pemerintah untuk kenyamanan bersama.

Sementara itu, dari FKUB Kabupaten Sidoarjo M. Idham Cholid mengajak semua elemen masyarakat untuk menguatkan persatuan dan perdamaian, demi terwujudnya kondusifitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Polresta Sidoarjo Siagakan Anjing Pelacak

Polresta Sidoarjo juga mulai melakukan persiapan pengamanan menjelang Nataru (Natal dan tahun baru), salah satu persiapan yang dilakukan adalah menyiagakan unit satwa K-9 untuk membantu pengamanan.

Kepala Satuan Samapta Polresta Sidoarjo Kompol Warih Hutomo saat ditemui di Polresta Sidoarjo, Selasa (20/12/2022) mengatakan kesiapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di lapangan. Unit K-9 atau unit Satwa Polresta Sidoarjo memiliki beberapa spesifikasi kemampuan deteksi Handak, lacak umum, Narkoba dan cegah tangkal.

“Kami siapkan beberapa Unit K-9 memiliki kemampuan deteksi Handak untuk melakukan sterilisasi gereja dan rumah ibadah dalam perayaan Natal,” ujar Kasat Samapta.

Personel Polri, lanjutnya, yang tergabung dalam Unit K-9 tersebut sebelumnya telah mengikuti pelatihan khusus K-9 yang diadakan Mabes Polri. Sebagai informasi, Unit K-9 #polrestasidoarjo juga ditugaskan dalam pengamanan KTT G20 yang diselenggarakan di Bali, November 2022 lalu.

Unit K-9 tersebut akan ditugaskan untuk melakukan sterilisasi dan mengamankan gereja dan objek vital selama Natal dan tahun baru. Beberapa Unit K-9 yang terlatih akan bergiliran melaksanakan tugas setiap harinya.

“Harapan kami penugasan Unit K-9 tersebut, dalam rangka untuk memberikan rasa aman kepada jemaat yang akan melakukan rangkaian ibadah Natal dan tahun baru, serta bergantian melakukan pengamanan di beberapa objek vital,” ujar Kompol Warih. (*)

baca juga :

BNNP Jatim Musnahkan 2,9 Kilogram Ganja

Fly Over Aloha Dianggarkan Rp 438 Miliar

Redaksi Global News

Geger, Elah Warga Sumedang Pimpin Salat Hadap Matahari