Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

2024, Gardu Tol Lenyap dan Inilah Cara Bayar Tol Tanpa Sentuh MLFF

JAKARTA (global-news.co.id) – Mekanisme pembayaran tol tanpa sentuhan atau Multi Lane Free Flow (MLFF) pada 2024 akan berbeda antara mobil penumpang dan kendaraan komersial macam bus maupun truk.

Untuk diketahui, uji coba MLFF akan mulai dilakukan Juli 2023 di Bali buat semua golongan kendaraan. Lalu, pelaksanaan lanjutan ditargetkan pada Desember 2023. Pemerintah berharap gerbang tol tak lagi digunakan untuk pembayaran secara konvensional pada 2024.

Dan berikut teknis pembayaran tol tanpa sentuh antara mobil pribadi dan komersial.

Menurut pemerintah metode pembayaran tol tanpa berhenti ini menggunakan perangkat bernama on board unit (OBU), namun bentuknya bisa digital yang dinamakan e-OBU atau fisik OBU yang dipasang di kendaraan.

e-OBU nanti akan ditujukan untuk kendaraan pribadi berupa aplikasi Cantas yang dapat diunduh pada ponsel. Sedangkan, fisik OBU diperuntukkan kendaraan komersial seperti truk atau bus.

Cara menggunakan e-OBU untuk kendaraan pribadi akan berbeda dengan OBU fisik yang ada di kendaraan komersial.

Untuk e-OBU, usai pemilik kendaraan mengunduh aplikasi Cantas, mereka wajib mendaftarkan data pengguna dan kendaraan.

Selanjutnya, pemilik kendaraan memilih metode pembayaran. Ada tiga metode pembayaran yang dapat digunakan, yakni dompet elektronik, debit/credit card, serta cara pembayaran lain yang disediakan provider.

Setelah registrasi, pemilik kendaraan langsung bisa menggunakan e-OBU. Global Navigation Satelite System (GNSS) kemudian akan mendeteksi lokasi dan akan memotong saldo yang tersedia dalam aplikasi secara otomatis dengan menyesuaikan perjalanan pengguna.

Sementara pembayaran untuk kendaraan logistik atau komersial berbeda diwajibkan dipasang OBU. Nantinya, GNSS pada kendaraan komersial juga akan melakukan hal yang sama yaitu mendeteksi lokasi dan melakukan membayar sesuai rute perjalanan.

Tapi sebelumnya, pengemudi kendaraan itu harus membeli electronic route ticket.

Pengemudi dapat memilih titik masuk dan keluar rute sekali pakai yang dapat dibeli pada laman resmi, aplikasi MLFF, vending machine, dan di konter mini market. (cnn, ins)

 

baca juga :

Artika Sari Devi Manfaatkan Barang Bekas untuk Mainan

Jatim Tempati Peringkat Pertama Produsen Padi Terbesar 2020

Redaksi Global News

Ingin Beri Kado Ultah, Persija Siap Putus Tren Positif Borneo FC

Redaksi Global News