Global-News.co.id
Madura Utama

Penampungan Selesai, PKL Dirgahayu dan Eks RSUD Segera Direlokasi

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Pembangunan lokasi penampungan PKL yang ada di Jalan Dirgahayu dan Eks RSUD Pamerkasan Jalan Kesehatan, kini sudah rampung 100 persen. Diperkirakan paling lambat akhir tahun 2022 ini para PKL tersebut direlokasi ke lokasi yang disediakan tersebut.

Pemkab Pamekasan kini tengah melakukan verifikasi data para PKL calon penghuni di dua lokasi tersebut. Pendataan kembali para PKL yang akan direlokasi ke dua tempat itu sangat urgen dan perlu dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari persoalan.

“Kalau pembangunan fisik selesai semua 100 %, Dirgahayu selesai 100 % dan eks RSUD juga sudah selesai 100 %. Di Jalan Dirgahayu memang pembangunan total dari awal, sedangkan di eks RSUD pada tahun anggaran 2022 ini hanya menambah beberapa fasilitas saja,” kata Kadis Koperasi dan UKM Muttaqien.

Penampungan PKL di eks RSUD di Jalan Kesehatan diperuntukkan untuk menampung para PKL yang biasa berjualan di sekitar monumen Arek Lancor. Sedangkan penampungan yang di Jalan Dirgahayu untuk menampung para PKL yang berjualan di Jalan Dirgahayu tersebut.

Muttaqien menegaskan kapasitas daya tampung lokasi di eks RSUD untuk 240 PKL, sedangkan di Jalan Dirgahayu untuk 64 PKL. Lokasi itu untuk menampung para PKL yang juga berjualan Jalan Dirgahayu pertigaan Jalan Pintu Gerbang hingga PKL yang jualan di pertigaan Jalan Dirgahayu Jalan Bahagia.

Sekalipun daya tampung lokasi penampungan di eks RSUD untuk 240 PKL, namun hingga kini jumlah PKL yang terdata masih sebanyak 184 orang dan dari jumlah itu yang terverifikasi masih 134 orang. Sebanyak 50 orang PKL yang terdata belum terverifikasi.

“Penyebabnya masih PKL yang belum terverifikasi karena mereka banyak yang ganti nomor HP. Sehingga pada saat rapat verifikasi banyak yang tidak datang. Ini yang kita masih tunggu penuntasannya agar nanti ketika relokasi dilakukan semuanya jelas. Kita berencana mengundang mereka kembali, “ tutur Muttaqien.

Di eks RSUD, lanjut Muttaqien kapasitasnya untuk 240 orang PKL, jika sudah terverifikasi seluruhnya berjumlah 184 orang, maka selisihnya sekitar 56 orang akan diambilkan dari PKL yang jualan sepanjang Jalan Kesehatan, Jalan Balai Kambang dan Jalan Jokotole dilakukan dengana cara diundi.

“Sedangkan penampungan di Jalan Dirgahayu dari 64 petak yang disediakan, jumlahnya yang terverifikasi sebanyak 41 orang. Rencananya kekurangannya akan akan diambilkan dari PKL yang berjualan di Jalan Bahagia,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Lisensi Klub AFC dan Nasional 2021, dari 18 Hanya 9 Klub Yang Lolos

Redaksi Global News

Tandai Hari Jadi ke 62, Bank Jatim Launching JConnect Pro

Redaksi Global News

Kota Surabaya Bakal Satukan Kader Posyandu hingga Lingkungan

Redaksi Global News