Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Pendidikan Utama

Manfaatkan Inovasi Teknologi, Pemkot Surabaya-ITS Berkolaborasi

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berkolaborasi terkait dengan pemanfaatan inovasi teknologi bagi masyarakat setempat.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu (9/11/2022), mengatakan Pemkot Surabaya telah memesan dua perahu yang rencananya digunakan di Wisata Air Perahu Kalimas.

“Seperti perahu Kalimas, kami juga sudah berkolaborasi dengan ITS. Jadi, Insya Allah (juga) terkait dengan motor (listrik). Serta, kegiatan inovasi yang memang untuk UMKM, Insya Allah akan kami kolaborasikan dengan ITS,” kata Cak Eri, sapaan akrabnya.

Sedangkan, pada kegiatan pemberdayaan untuk UMKM, lanjut dia, Pemkot Surabaya berencana mengalokasikan 40 persen atau senilai Rp3 triliun dari APBD. Untuk itu, kata dia, Pemkot akan berkolaborasi dengan ITS terkait pemesanan mesin paving, alat pemanas aspal, dan lain sebagainya.

“Yang memang anggaran Pemkot Surabaya 40 persen, kami gunakan untuk UMKM, Insya Allah kami kolaborasi dengan ITS untuk memenuhi kebutuhan tadi,” kata dia.

Pemkot juga berencana memesan Tablet Merah-Putih atau Digital Transformation Service of ITS (DigITS) untuk camat, lurah, dan Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Surabaya. Sebab, ke depannya, seluruh aplikasi layanan publik milik Pemkot Surabaya akan dikoneksikan dengan DigITS.

“Kami punya semua aplikasi. Kalau itu bisa masuk semua dalam satu tablet dan kecepatannya (sesuai), paling tidak semua camat, lurah, dan pejabat Pemkot harus pakai itu. Sehingga nanti bisa langsung dikerjakan melalui aplikasi. Tabletnya nyaman, dibawa kemana-mana juga nyaman, ITS memang luar biasa,” ujar dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya dalam upaya pemberdayaan UMKM melalui pengalokasian 40 persen atau senilai Rp3 triliun dari APBD Kota Surabaya.

Dia berharap dengan target capaian Walikota Eri Cahyadi dengan kolaborasi bersama ITS dalam menyambut Hari Pahlawan, bisa membuat laju pemanfaatan teknologi di Kota Surabaya semakin meningkat pesat.

“Pak Eri bercerita ingin anak-anak Surabaya dilibatkan dalam inovasi tadi, berani belanja di ITS dengan melibatkan UMKM dan punya target Rp3 triliun belanja Pemkot Surabaya UMKM. Hal-hal yang diinovasikan oleh Bapak Walikota Surabaya ini persis kalau bisa klop (cocok) dengan ITS akan memberikan ruang lapangan kerja yang berbasis sains dan teknologi untuk warga Surabaya,” kata Wagub Emil.

Sedangkan Rektor ITS Prof. Mochamad Ashari mengatakan, kolaborasi dan kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah telah didukung dengan aksi nyata, salah satunya kerja sama dengan UMKM dengan inovasi dari perguruan tinggi.

“Terima kasih, mudah-mudahan dengan pameran yang pertama di luar kampus ITS, kerja sama dengan stakeholder lainnya bisa lebih dikembangkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata dia. (pur)

baca juga :

Liga Spanyol: Kalahkan Celta Vigo, Barcelona Rebut Tahta Klasemen

Redaksi Global News

Badrut Tamam Serahkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Alam

gas

Jatim Kembali Raih Emas Panahan, Selangkah Lagi Tiga Emas Diananda!

Redaksi Global News