Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Parade Surabaya Juang 2022: Arus Lalu Lintas Dialihkan

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Perhubungan Kota Surabaya akan mengalihkan arus lalu lintas saat pelaksanaan Parade Surabaya Juang 2022, Minggu (6/11/2022) dan istighasah akbar memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2022.

Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Soe Priyo Utomo, Sabtu (5/11/2022), mengatakan, pengalihan arus lalu lintas dilakukan karena terdapat sejumlah rute atau jalan yang digunakan selama kegiatan itu berlangsung.

Rekayasa lalu lintas dilakukan mulai kawasan Monumen Tugu Pahlawan hingga kawasan Balai Kota Surabaya.

Parade Surabaya Juang 2022 mengambil rute mulai dari Jl Pahlawan, Jl Kramat Gantung, Jl Gemblongan, Jl Tunjungan, Jl Gubernur Suryo, Jl Yos Sudarso, Jl Jaksa Agung Suprapto, dan berakhir di Balai Kota Surabaya.

Ia mengatakan Jl Veteran dan Jl Kramat Gantung ditutup sebagai kawasan persiapan Parade Surabaya Juang, sedangkan dari Jl Veteran dan Jl Pahlawan sisi selatan masih bisa dilewati kendaraan.

Menjelang kegiatan, lanjut dia, kawasan Monumen Tugu Pahlawan akan dilakukan penutupan total, yakni pengendara dari Jl Veteran bisa menuju ke arah Jl Indrapura atau ke Jl Semut, sedangkan arus lalu lintas dari Jl Veteran menuju Jl Pahlawan dialihkan ke arah Jl Kebon Rojo dan Jl Semut.

“Menuju ke kawasan Jl Praban dan Jl Tunjungan ditutup, mulai Jl Blauran bisa menuju ke arah Jl Bubutan. Lalu Jl Genteng Kali menuju Siola di alihkan ke Jl Undaan. Sedangkan arus lalu lintas dari Jl Jagalan menuju Jl Pasar Besar dialihkan ke Jl Peneleh dan Jl Sulung,” ujar dia.

Selanjutnya, dari arah selatan, lalu lintas dari Jl Basuki Rahmat menuju Jl Gubernur Suryo dialihkan ke Jl Embong Malang, kemudian arus lalu lintas dari Jl Pemuda menuju ke Jl Yos Sudarso dialihkan ke Jl Panglima Sudirman.

Jl Bubutan dan Jl Tembaan dialihkan ke Jl Indrapura dan Jl Semut, sedangkan untuk kawasan menuju ke Balai Kota dari arah Jl Walikota Mustajab dialihkan ke Jl Jaksa Agung Suprapto sisi barat.

Arus lalu lintas dari Jl Ambengan menuju ke Jl Jaksa Agung Suprapto dialihkan ke Jl Ambengan sisi timur, Jl Wijaya Kusuma, dan Jl Kusuma Bangsa, sedangkan arus lalu lintas dari Jl Pemuda menuju ke Jl Yos Sudarso dialihkan ke Jl Panglima Sudirman.

Dengan banyaknya pengalihan arus lalu lintas ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Kota Surabaya. “Kami menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. Sebab, akan sedikit terganggu dengan pengalihan arus lalu lintas,” kata dia.

Ia mengatakan untuk lokasi parkir semua peserta Parade Surabaya Juang berada di kawasan Jl Wijaya Kusuma dan Jl Pacar atau di kawasan Balai Kota Surabaya.

“Begitu juga dengan pimpinan DPRD Kota Surabaya dan Forkopimda Kota Surabaya harap di titik parkir yang telah disiapkan,” ujar dia.

Pada 10 November 2022, pukul 18.00 WIB, Pemkot Surabaya menggelar istighatsah bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf di Lapangan Monumen Tugu Pahlawan.

Priyo menyebut bahwa arus lalu lintas di sekitar lokasi kegiatan juga akan dialihkan mengingat jamaah dan tamu yang hadir diprediksi lebih banyak.

Untuk lokasi parkir kendaraan saat istighatsah di Lapangan Monumen Tugu Pahlawan, disiapkan di halaman Tugu Pahlawan di sisi selatan, Jalan Kebon Rojo di depan Gedung DPRD Provinsi Jatim, dan kawasan Pasar Besar Wetan.

“Sepertinya penutupan jalan ini juga akan penuh (tutup total, red.) mengingat para hadirin juga lebih banyak. Jalur di kawasan Jl Veteran menuju ke Jl Kramat Gantung masih bisa melintas. Tidak ada masalah, mungkin nanti mulai pukul 14.00 WIB atau 15.00 WIB baru akan ditutup total,” kata dia. (pur)

baca juga :

Ketum KONI Jatim Minta POSSI Siapkan Regenerasi Atlet Cabor Selam

Redaksi Global News

Cangkrukan Kamtibmas di Pamotan, Kapolresta Sidoarjo Ingatkan Pelanggaran Pilkades

Meithiana Indrasari Jabat Ketua Stikosa-AWS Periode 2021-2024

Redaksi Global News