Global-News.co.id
Metro Raya Sport Utama

Sering Digelar Even Olahraga, Pemkot Surabaya Gencarkan Gerakan ‘Sport Tourism’

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya menggencarkan gerakan sport tourism atau pariwisata olahraga, menyusul seringnya pertandingan olahraga baik berskala nasional, regional, maupun internasional yang digelar tahun ini.

“Dengan adanya even-even bergengsi itu, tentu akan menguntungkan Surabaya ke depannya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, Minggu (30/10/2022).

Menurut dia, di tahun 2022, sudah ada beberapa pertandingan olahraga bergengsi yang digelar di Kota Surabaya, antara lain Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan kini Final SEA Women Basketball League (SWBL).

Dengan adanya pertandingan tersebut, lanjut dia, tentu akan menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Surabaya. Untuk itu, kata dia, Pemkot Surabaya membuka lebar ajang olahraga bergengsi lainnya menggelar even di Kota Pahlawan.

“Kami terus berkoordinasi dengan berbagai organisasi cabang olahraga lainnya. Dengan adanya momentum ini, kami optimalkan dan perkuat lagi jejaring agar ada even bergengsi lain yang digelar di Surabaya,” ujar dia.

Menurut Wiwiek, ajang Final SEA SWBL kali ini meriah dan banyak menarik masyarakat dari berbagai daerah untuk mendukung tim Indonesian Elite Women Basketball melawan tim Sniper asal Thailand, di GOR CLS Kertajaya Surabaya.

Seperti halnya sepakbola, Wiwiek melanjutkan, pertandingan basket juga mempunyai daya tarik yang sangat kuat dan nilai prestise di mata masyarakat.

“Kemarin, di sela-sela permainan pun juga kami ajak berkeliling ke tempat wisata yang ada di Surabaya mulai Alun-alun Surabaya, Tugu Pahlawan hingga ke Sentra Kriya Gallery (SKG). Tim dari Malaysia juga sempat kami ajak keliling, artinya dengan begitu, secara tidak langsung mereka (turis asing) akan mengenal kota ini,” kata Wiwiek.

Ia menambahkan, dengan adanya city tour, secara otomatis juga menggerakkan program sport tourism yang digagas oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi di tahun 2022. Artinya, dengan sport tourism kota ini bukan hanya semakin dikenal dunia, akan tetapi perekonomian di Surabaya juga akan semakin meningkat.

“Pak Wali mengatakan, even olahraga mulai dari skala nasional hingga internasional merupakan bagian dari pengembangan sport tourism di Surabaya,” kata dia. (pur)

baca juga :

Terima Bantuan Oksigen dan Peti Jenazah, Eri  Klaim Ada Penurunan Angka Kematian yang Dimakamkan secara Prokes

Titis Global News

Hadiah Menggiurkan, Jumlah Peserta Lomba Branding Batik Mobil-Sepeda Motor Naik Drastis

gas

Angka Kesembuhan Jatim Terus Tunjukkan Tren Positif, Gubernur Khofifah Wanti-wanti Jangan Lengah

Redaksi Global News