Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Politik Utama

Revitalisasi Pasar Kembang Surabaya Diminta Dipercepat

Kalangan dewan Surabaya minta revitalisasi Pasar Kembang Surabaya dipercepat

SURABAYA (global-news.co.id) – Sejumlah pedagang mendorong adanya percepatan revitalisasi Pasar Kembang Surabaya menyusul kondisi pasar tersebut memprihatinkan pascaterbakar setahun lalu.

“Geliat ekonomi pedagang jajanan berjalan dengan baik. Tapi tadi saya sempat melihat kondisi atap usai kebakaran belum diperbaiki,” ujar Wakil Sekretaris DPC PDIP Surabaya, Achmad Hidayat saat blusukan ke Pasar Kembang Surabaya, Sabtu (22/10/2022) dini hari.

Menurut dia, kondisi bangunan lantai dua Pasar Kembang Surabaya kian memprihatinkan karena banyak lubang memenuhi atap gedung dan pondasi bangunan pun terlihat rapuh.

Pasar yang menampung 200 lebih pedagang yang mulai beroperasi mulai pukul 01.00 WIB itu sudah ramai pengunjung. Namun, transaksi yang berlangsung di pasar tersebut bukanlah jual beli bunga, melainkan berbagai macam jajanan pasar dan kue basah.

Selain itu, rata-rata pelanggan membeli jajanan di pasar ini dalam jumlah banyak atau grosir, biasanya untuk dijual kembali.

Segala jenis jajanan khas Jawa Timur dapat ditemui di pasar ini sebut saja lemper, kue lapindo, lalis Surabaya, morina, pastel, dan banyak lainnya.

Bahkan segala jenis roti seperti donat, roti gulung serta roti modern lainnya seperti roti pizza juga ada di pusat grosir kue ini. Harganya pun terbilang sangat murah, mulai dari Rp1.100 hingga Rp3.000.

Dia mengatakan, memasuki musim hujan dengan kondisi atap yang rapuh dan terbuka tentu akan membuat pedagang menjadi was-was dan terganggu aktivitasnya.

“Saya mendorong agar segera dilakukan revitalisasi. Pasar kembang tidak hanya sebagai salah satu pusat ekonomi kerakyatan dan sentra jajanan, melainkan sebagai ikon Kota Surabaya,” kata dia.

Dia juga menegaskan, perhatian terhadap perawatan bangunan pasar-pasar rakyat juga menegaskan komitmen serta keberpihakan PD Pasar Surya terhadap pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

“Tidak bisa ekonomi tumbuh kalau PD Pasar Surya tidak memberikan perhatian yang fokus terhadap kondisi pasar rakyat,” ujar Achmad.

Salah seorang pedagang jajanan, Bambang berharap agar perbaikan Pasar Kembang dilakukan sesegera mungkin sehingga aktivitas pedagang tidak terganggu, “Kalau lebih cepat diperbaiki alhamdulillah. Para pedagang bisa berjualan dengan tenang,” kata dia.

dengan pasar yang makin bersih maka bakal memberikan kenyamanan bagi pedagang dan pengunjung. Selanjutnya, jika kondisi lingkungan pasar sudah menjadi lebih baik, pengunjung tidak segan berbelanja ke pasar.

Direktur Teknik Usaha PD Pasar Surya Surabaya Suhendro sebelumnya mengatakan, pihaknya berupaya melakukan perbaikan terhadap pasar yang rusak dan berumur tua di Surabaya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga berupaya membuat pasar menjadi semakin bersih untuk memberikan kenyamanan bagi pedagang dan pengunjung. Selanjutnya, jika kondisi lingkungan pasar sudah menjadi lebih baik, pengunjung tidak segan berbelanja ke pasar.

“Kemudian jika pasar sudah ramai pengunjung, tentu perekonomian akan bangkit,” ujar dia.

Untuk itu, PS Pasar Surya membuat gebrakan untuk menggeliatkan perekonomian di pasar tradisional salah satu dengan menggelar lomba Pasar Pahlawan. (pur)

baca juga :

Asal Tak Menginap, Kantor Kemenag Surabaya Beri Lampu Hijau “Pondok Ramadhan”

Redaksi Global News

DSDABM Surabaya Optimalkan Pengerukan Bozem dan Sungai

Redaksi Global News

Liga 1: Taklukkan RANS Nusantara, Target PSIS Terpenuhi

Redaksi Global News