Global-News.co.id
Mataraman Utama

Ciptakan Kondisi Jelang Natal dan Tahun Baru Serta Tertib Lalu Lintas, Polres Madiun Gelar Apel Operasi Zebra 2022

MADIUN (global-news.co.id) – Polres Madiun menggelar Apel Operasi Zebra tahun 2022 untuk menciptakan kondisi menjelang Natal dan Tahun Baru pasca pandemi Covid 19 sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Hal ini disampaikan Kapolres Madiun, AKBP  Anton Prasetyo saat menyampaikan sambutan Kapolda Jawa  Timur  pada Apel Operasi Zebra di Lapangan Polres Madiun, Senin (3/10/2022).

Menurutnya, dalam Operasi Zebra tahun 2022 yang digelar mulai tanggal 3 -17 Oktober 2022, Polres Madiun akan melibatkan 250 personel TNI Polri dengan fokus pada pelanggaran lalu lintas seperti tidak memakai helm, mabuk-mabukan, melawan arus, batas kecepatan dan pengendara di bawah umur.

Lebih lanjut dikatakan, operasi zebra lebih ditekankan pada titik block spot dan lebih prioritas sebagai pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Sedangkan waktunya tergantung eskalasi sesuai pertimbangan Kasat Lantas,” lanjutnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Madiun, AKP Firman Widyaputra menjelaskan sesuai perintah Dirlantas Polda Jatim, operasi zebra kali ini menggabungkan tiga kegiatan yaitu preempty, preventif maupun penindakan dengan mengoptimalkan ETLE dengan mobil incarnya serta metode hunting.

“Untuk kegiatan stasionary dan metode hunting yang pelanggaran kasat mata tidak diperkenankan karena berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” terang Firman.

Sedangkan titiknya, Firman menambahkan adalah seluruh wilayah Kabupaten Madiun. Namun untuk titik yang rawan kecelakaan atau blockspot sebagai prioritas seperti wilayah selatan yaitu jalur Mlilir – Pagotan  dan Utara yaitu Nglames-Caruban-Saradan.

“Dengan adanya operasi zebra ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan dan syukur-syukur zero,” pungkasnya. (her)

baca juga :

Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Belajar Parkir Berlangganan ke Pamekasan

gas

Sampah Pesisir Pantai Utara Tuban Menumpuk, Tangkapan Ikan Turun

Redaksi Global News

Liga 1: Persib Tak Risau Lini Depan Tumpul

Redaksi Global News