Global-News.co.id
Sport Utama

Jelang AFC Cup, Bali United Bersiasat Atasi Jadwal Padat

Para pemain Bali United disiapkan ke even AFC Cup, Liga 1 maupun turnamen pra-musim

BADUNG (global-news.co.id) – Dua pertandingan uji coba dalam waktu kurang dari 24 jam dilakoni para punggawa Bali United FC beberapa hari lalu. Cara tersebut jadi salah satu siasat tim berjuluk Serdadu Tridatu itu untuk mengatasi jadwal padat yang akan datang, berbarengan dengan helatan AFC Cup.

Bali United lebih dulu melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (4/6) malam. Berikutnya bertanding lagi melawan Persis Solo di Stadion Sriwedari, Solo, pada Minggu (5/6) sore.

Skuad yang diturunkan pun nyaris tidak mengalami perubahan signifikan. Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, bermaksud membiasakan pemainnya menyiapkan diri dalam jadwal kompetisi yang padat.

Sebab, di masa pra-musim saja, Bali United akan mengikuti AFC Cup setelah turnamen pra musim Piala Presiden.

“Kita tahu, jadwal di Indonesia biasanya tiga hari atau dua hari sekali bisa main. Lalu sekarang kita punya Piala Presiden dan AFC Cup. Jarak pertandingannya dekat. Kita tidak sempat untuk latihan fisik lagi, hanya bisa latihan, pemulihan, dan taktik untuk pertandingan,” ungkap pelatih yang biasa disapa Teco itu.

Stefano Cugurra bakal punya jadwal bertanding di Piala Presiden, setidaknya empat hari sekali, mulai Minggu (12/6). Itu khusus untuk fase grup, lalu Bali United bakal melanjutkan rangkaian pertandingannya di AFC Cup setiap tiga hari sekali, mulai Jumat (24/6) akhir bulan nanti.

Apabila Bali United berhasil melenggang jauh di Piala Presiden, jadwal yang mereka hadapi semakin padat. Sebab, mereka masih harus menjalani 8 besar sekitar awal bulan Juli.

Teco sudah punya gambaran jelas soal jadwal padat yang membayangi. Oleh karenanya, sejak latihan perdana Bali United, porsi latihan fisik sangat besar. Mereka baru mengagendakan uji coba melawan tim selevel setelah program fisik tuntas.

“Kita tahu harus banyak latihan fisik dari awal, karena kita libur sudah lebih dari satu bulan. Di Bali, kita banyak latihan fisik. Hanya dua atau tiga kali latihan taktik. Kesempatan buat kita untuk bertanding lagi setelah latihan di sana. Ini jadi kesempatan untuk lihat yang kurang di dalam tim kita,” kata pelatih berusia 47 tahun.

Dengan dua uji coba yang baru saja selesai dijalani, Stefano Cugurra kini kembali ke program latihannya untuk mematangkan tim.

“Ya, ini (lawan Persis Solo) yang terakhir. Sekarang sudah dekat dengan Piala Presiden. Kita pulang dulu ke Bali, ada beberapa latihan. Baru kita berangkat ke Bandung,” katanya.

Bali United bakal menghadapi grup neraka di Piala Presiden. Juara bertahan Liga 1 itu bakal bersua Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC, dan Persib Bandung di Grup C yang berlangsung di Bandung. (lib, blu)

 

baca juga :

Pertamina Bantu Puluhan APD, Ribuan Masker dan Vitamin ke RS di Tuban

gas

Untuk Kali Pertama, Unair Akan Lakukan Wisuda Online Besok

Kepala DKRTH Surabaya Mundur dari Jabatannya

Redaksi Global News