Global-News.co.id
Sport Utama

SEA Games Vietnam: Target Presiden Jokowi Terwujud, Indonesia Masuk Tiga Besar

 Wakil ganda putri Siti Fadia Ramadhanti/Apriyani Rahayu ikut sumbang emas

JAKARTA (global-news.co.id) – Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, sukses memenuhi target yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk masuk peringkat tiga besar.

Berdasarkan hasil capaian Indonesia untuk SEA Games 2021 hingga Minggu malam pukul 22:02 WIB, kontingen Merah Putih mengumpulkan 69 medali emas, 92 perak, 80 perunggu. Sekadar catatan hasil akhir akan secara resmi diumumkan pada malam penutupan, Senin (23/5).

Namun, perolehan medali Indonesia dipastikan tak lagi terkejar dari negara pesaing Filipina dan Singapura karena seluruh rangkaian pertandingan telah berakhir.

Sepanjang pertandingan hari Minggu, berdasarkan catatan para atlet Merah Putih mengemas 10 medali emas, 12 perak, dan 6 perunggu. Cabang olahraga bulutangkis dan menembak masing-masing menyumbang dua emas.

Bulutangkis melalui nomor ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan pemain wakil ganda putri Siti Fadia Ramadhanti/Apriyani Rahayu.

Menembak masing-masing melalui Anang Yulianto (25m standard postol putra) dan Muhammad Sejahtera Dwi Putra (10m running target putra).

Sisanya berasal dari cabang olahraga esports (PUBG Mobile beregu putra), bola voli putra, bola basket putra, angkat besi (Muhammad Zul Ilmi/89kg putra), Finswimming (Janis Rosalita Suprianto/50m surface putri), dan tinju (Maikhel Roberrt Muskita/75-81kg putra).

Hasil tersebut membuat Indonesia kokoh di posisi ketiga. Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games 2021 Vietnam, Ferry Kono, menyebut hari terakhir pertandingan penuh kejutan.

“Pagi hari, lifter Indonsia Zul Ilmi tampil mengejutkan dengan mempersembahkan emas untuk Indonesia pada debutnya,” kata Ferry dalam keterangan tertulisnya.

“Pada sore harinya, timnas basket Indonesia membuat sejarah besar dengan untuk kali pertama mengalahkan Filipina sejak cabang olahraga basket dipertandingkan pada SEA Games tahun 1977. Ini sejarah besar bagi kita, tak hanya di basket, namun juga bagi bangsa kita Indonesia,” ujarnya.

Indonesia berada di posisi ketiga di bawah Vietnam yang mengoleksi 206 emas, 124 perak, 113 perunggu. Thailand di urutan kedua dengan 92 emas, 101 perak, 135 perunggu.

Sementara Indonesia berada di atas Filipina yang mengemas 51, emas, 71 perak, 104 perunggu. Lalu Singapura dengan 47 emas, 46 perak, 73 perunggu. (ntr, ins)

baca juga :

KPU Berlakukan WFH Pasca Arief Budiman Terpapar Covid-19

Redaksi Global News

Taufik AB: Ciri Puasa Berhasil Perbuatan Jelek Berganti Baik

gas

Peluang Menjauhi Rival

Redaksi Global News