Global-News.co.id
Jember Raya Sport Utama

Porprov Jatim, Pengelola Homestay dan Guest House Dibekali Standar Pelayanan

Kabupaten Lumajang mempersiapkan segala kebutuhan sarana fasilitas akomodasi penginapan Porprov Jatim

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim)VII Tahun 2022 akan diselenggarakan pada 25 Juni – 3 Juli 2022. Sebagai salah satu tuan rumah, banyak persiapan yang telah dilakukan Kabupaten Lumajang, termasuk mempersiapkan segala kebutuhan sarana fasilitas akomodasi penginapan.

Untuk mencukupi kebutuhan akomodasi penginapan peserta dan pendamping Porprov yang diperkirakan akan mencapai puluhan ribu orang, melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, pemerintah mengajak masyarakat yang memiliki rumah berlokasi berdekatan dengan venue cabang olahraga untuk berpartisipasi menambah penghasilan dengan menyewakan rumahnya sebagai homestay.

“Kami sudah berkoordinasi dengan camat, utamanya yang wilayahnya ketempatan venue Porprov kami minta untuk memberikan data terkait rumah masyarakat yang bisa digunakan untuk homestay,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati, Rabu (25/5/2022).

Yuli Haris juga menerangkan,  untuk memberikan kenyamanan kepada para tamu, masyarakat yang rumahnya akan digunakan sebagai homestay ataupun pengelola homestay diberikan bekal dan pelatihan terkait tata kelola homestay.

“Kami latih, ada pelatihan selama tiga hari untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap tata kelola homestay yang baik,” kata dia.

Selain itu, agar tidak ada oknum yang mengambil keuntungan yang tidak semestinya, pihaknya akan menstandarkan harga sewa homestay sesuai dengan kriteria fasilitas dan layanan yang diberikan.

Dirinya berharap dengan adanya pemanfaatan rumah sebagai homestay nantinya juga berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat. (ins, uja)

baca juga :

Sambut Kebijakan Merdeka Belajar, ITS Optimistis Indonesia Panen Lompatan Inovasi

Redaksi Global News

Peringatan Dwi Windu Masjid Cheng Hoo Meriah, Sumbang Korban Bencana Rp 800 Juta

gas

Kasus Harian di Jatim Capai Rekor Tertinggi, Khofifah Tegaskan Saatnya Terapkan PPKM Darurat

Titis Global News