Global-News.co.id
Kesehatan Tapal Kuda Utama

Cegah Kanker Serviks, Ketua TP PKK Kab Pasuruan Ajak Ibu-ibu Periksa IVA Secara Dini

Ny Lulis Irsyad Yusuf saat menghadiri Bakti Sosial Pemeriksaan IVA bagi Kader PKK Kab Pasuruan di RSUD Grati, Jumat (25/3)

PASURUAN (global-news.co.id) –
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf, mengajak para ibu aktif melakukan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) sedini mungkin.

Ajakan ini disampaikan Lulis saat menghadiri Bakti Sosial Pemeriksaan IVA bagi Kader PKK Kabupaten Pasuruan di RSUD Grati, Jumat (25/3).

Menurutnya, IVA adalah upaya paling mudah untuk mendeteksi kanker serviks secara dini. Pemeriksaan ini penting, mengingat kanker serviks merupakan pembunuh ke-2 perempuan di Indonesia setelah kanker payudara.

“Penting sekali bagi perempuan. Khususnya ibu-ibu kader PKK agar melakukan pemeriksaan IVA sedari dini. Kalau sudah diantisipasi, Insya Allah tidak akan terjadi apa-apa,” katanya.

Sebagai istri Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, ia tidak henti-hentinya mengajak kaum wanita sadar diri mengikuti pemeriksaan IVA di Puskesmas terdekat maupun di rumah sakit. Sebab apabila ibu sehat, maka keluarga (suami dan anak-anak) juga bisa tetap terjaga kesehatannya.

“Seperti di RSUD Grati. Ada banyak pasien yang saya lihat mengantre dan aktif melakukan pemeriksaan IVA secara aktif. Pokoknya salam untuk para ibu agar betul-betul menjaga kesehatannya dengan baik. Kalau sudah sehat, pasti keluarga juga sehat,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Grati, drg Dyah Retno Lestari  menjelaskan, total ada 60 pasien IVA yang sudah terlayani dengan baik. Mereka adalah warga sekitar yang menjadi kader PKK di 12 kecamatan.

“Total ada 60 pasien yang kami undang untuk melakukan pemeriksaan IVA. Mereka berasal dari 12 kecamatan di Kabupaten Pasuruan, dan alhamdulillah semuanya terlayani dengan baik dan hasilnya juga baik. Karena mereka juga sudah rutin melakukan pemeriksaan,” katanya.

Retno berpesan agar para ibu dan perempuan tidak perlu takut untuk memeriksakan diri ke RSUD Grati. Karena akan ditangani oleh dokter, perawat dan bidan yang berkompeten. Terlebih tujuan pemeriksaan IVA adalah untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim.

“Saya ajak untuk tidak takut datang ke RSUD Grati. Dibanding test lain, IVA test lebih praktis, murah dan hasilnya bisa segera diketahui,” jelasnya.

Selain pemeriksaan IVA, Bakti Sosial dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 ini juga dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan bersama Direktur RSUD Grati dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. (kmf, sur)

baca juga :

Pemerintah RI Resmi Tetapkan KKB Papua Sebagai Teroris

gas

TPAKD Surabaya Dikukuhkan, Inklusi Keuangan Optimistis Meningkat

Redaksi Global News

Penyidik Polri Akan Periksa Manajer dan Istri Doni Salmanan

Redaksi Global News