Global-News.co.id
Kesehatan Sport Utama

Menpora Ingatkan PSSI dan Klub Penegakan Disiplin Prokes

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudi Amali. (foto: Biro Humas Kemenpora)

JAKARTA (global-news.co.id) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudi Amali memberi perhatian khusus terkait merebaknya Covid-19 di kalangan pemain sepakbola. Ia pun mengingatkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan klub peserta Liga 1 untuk memperketat protokol kesehatan.

“Saya sudah berkoordinasi dengan PSSI, menanyakan tentang terpaparnya beberapa pemain Liga 1. Saya sudah minta supaya PSSI mengingatkan kembali kepada klub-klub peserta Liga 1 untuk memperketat prokes sesuai komitmen mereka seperti yang sudah disepakati sebelum bergulirnya Liga 1,” kata Menpora Amali sebagaimana dilansir situs resmi Kemenpora, Minggu (30/1).

“Saya ingin mengingatkan kembali bila komitmen awal yang sudah disepakati tidak diperhatikan, maka akan mengganggu kelancaran jalannya kompetisi. Ini akan merugikan semua pihak termasuk klub itu sendiri beserta para pemainnya,” tegasnya.

Menpora Amali terus mengingatkan, pandemi belum selesai dan harus terus diwaspadai dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Jangan kita lengah karena pandemi ini belum berakhir. Manajemen klub harus lebih memperketat lagi dan menjaga timnya supaya mematuhi bubble sistem yg berlaku, hanya dari hotel tempat menginap ke tempat pertandingan dan sebaliknya, jangan sampai keluar dari area itu,” tutur Menpora Amali.

Menurut informasi ada 4 tim yang pemainnya terkonfirmasi Covid-19. Keempat tim Liga 1 2021 itu adalah Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Sebelumnya Persib telah mengeluarkan pernyataan resmi jika klub berjuluk Maung Bandung ini terdapat 9 pemain yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Mengacu pada hasil pemeriksaan PCR berkala yang dilakukan Persib baru-baru ini, terdapat sembilan pemain yang dinyatakan positif Covid-19.” tulis pernyataan Persib.

Kesembilan pemain yang terpapar tanpa gejala itu telah memulai proses karantina mandiri.

Sementara itu Persebaya menjelang bertanding menghadapi PSS Sleman, Sabtu (29/1) malam, juga mengabarkan hal serupa.

Tim besutan Aji Santoso mengonfirmasi ada sebanyak 3 pemain yang menunjukkan hasil tes positif Covid-19. Persebaya juga belum memberikan rincian tiga pemain yang dimaksud.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan tes swab PCR, ada tiga pemain Persebaya yang positif Covid-19. Tidak ada gejala apa pun pada ketiga pemain tersebut. Semuanya kini menjalani karantina, sesuai dengan arahan PT LIB dan Satgas Covid-19 di Bali,” tulis rilis klub. (ipc, ins)

baca juga :

Indef Sebut Corona Ancam Resesi Indonesia, Kerugian Bisa Capai Rp 127 Triliun

Ratu Elizabeth II Setuju Keputusan Harry dan Meghan Keluar dari Keluarga Kerajaan

Redaksi Global News

Hingga Maret 20 Orang Meninggal Akibat DBD, Dinkes Jatim Belum Nyatakan KLB

Redaksi Global News