Global-News.co.id
Mataraman Utama

Gemarikan Bantu Percepatan Penurunan Angka Stunting di Tulungagung

Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kabupaten Tulungagung, Kamis (3/6/2021).

TULUNGAGUNG (global-news.co.id)  – Ketua TP PKK Jawa Timur sekaligus Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak melakukan Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kabupaten Tulungagung, Kamis (3/6/2021).

Kampanye yang bertujuan untuk menyosialisasikan makan ikan kepada masyarakat di Kab Tulungagung itu menjadi agenda ke-12 dari 17 daerah yang dirancang Kementerian Kelautan sejak 2004.

“Saya selaku Ketua Forikan Jatim  mengucapkan terima kasih. Apalagi kegiatan ini mendukung untuk peningkatan angka konsumsi ikan, dimana hal ini juga salah satu faktor pendukung penurunan angka stunting di Jawa Timur, khususnya di Tulungagung,” kata Arumi.

Di sisi lain, istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak ini pun mengapresiasi kepada daerah yang memiliki julukan ‘Kabupaten Marmer’ ini. Karena, berdasarkan data Pemkab Tulungagung, jumlah stunting pada bulan timbang, Agustus 2020 mencapai 2.901 anak dengan jumlah prevalensi stunting sebesar 5.51 %.

“Angka ini sudah mengalami penurunan 3 persen dibanding bulan timbang  2019, yaitu sebanyak 2.990 anak. Hasil ini merupakan pembuktian komitmen usaha dan kerja keras untuk menuntaskan balita Tulungagung dari stunting, ini hal luar biasa,” ujar mantan Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek ini.

Arumi berharap, dengan adanya kegiatan Gemarikan, dapat membantu percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Tulungangung menjadi lebih baik. Banyaknya kandungan gizi pada ikan, diharapkan dapat semakin menumbuhkan dan mempercerdas otak anak-anak di Kabupaten Tulungagung.

“Salah satu yang terus kita lakukan adalah menyosialisasikan pangan dan gizi yang baik khususnya untuk balita. Kami dari Forikan percaya betul ikan memiliki gizi yang baik untuk anak-anak karena protein yang lengkap di samping memiliki harga yang terjangkau,” ujar Arumi.

Guna meningkatkan konsumsi ikan dan mendukung gerakan nyata Gemarikan, dalam kegiatan itu Pemprov Jatim juga memberikan bantuan ikan segar gurame dan nila. Selain itu, 200 paket produk olahan ikan juga diberikan secara simbolis berupa produk olahan hasil perikanan beku dan kering.

Nantinya, 200 paket tersebut akan diberikan di Kec Rejotangan sebanyak 101 paket, Kec Kedungwaru 60 paket, Kec. Ngunut 27 paket, Kec. Bandung 8 paket dan Kecamatan Kota 4 paket.

“Hal ini merupakan langkah nyata yang sangat baik. Dengan adanya paket bantuan ini diharapkan dapat menyentuh substansi dari pencegahan dan penanganan balita stunting. Sehingga dapat menanggulangi bukan hanya kepada balita stunting, namun juga kepada masyarakat pada umumnya. Sehingga intervensi penurunan balita stunting dapat terlaksana dengan baik,” jelas Arumi.

Sementara di tahun sebelumnya, Pemkab Tulungagung bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Tulungagung telah mendukung dan melaksanakan kampanye Gemarikan. Kegiatan itu juga memberikan bantuan ikan segar dan produk olahan ikan sebanyak 1.483 paket, tersebar di 10 kecamatan di Kab Tulungagung.

Arumi pun menyampaikan, pencapaian konsumsi ikan di Jatim saat ini sudah mencapai 41,44 kilogram/kapital per tahun. Sementara untuk Kabupaten Tulungagung sendiri, angka konsumsi ikan mencapai 37,04 kilogram/kapital per tahun. “Ini menandakan kalau di Jawa Timur dalam satu tahun, satu orang hanya mengonsumsi rata-rata 41 kilogram, sementara di Tulungagung dalam satu tahun, satu orang hanya mengonsumsi 37 kilogram. Angka ini masih banyak ruang untuk ditingkatkan,” kata Arumi.

Dirinya pun berharap, tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Tulungagung agar terus ditingkatkan. Diharapkan hasilnya secara tidak langsung akan berseiring dengan menurunnya angka stunting dan berimbas pada peningkatan kualitas generasi mudanya. “Apresiasi ini bukan diberikan untuk pemkab saja, namun kepada seluruh lini masyarakat. Karena kalau berbicara tentang anak, merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya orangtua,” pesan Arumi. tut, fan

baca juga :

DBHCHT Tingkatkan Profesionalisme Pelinting Rokok Go Ekspor

gas

Karnaval RW 08 Perum Wisma Permai, Mukhori: Kita Harus Hargai Jasa Pahlawan

gas

69 WNI Kru Kapal Diamond Princess Tiba di Bandara Kertajati

Redaksi Global News