Global-News.co.id
Gaya Hidup Pendidikan Utama

Jelang Imlek 2022, Fakultas Baru UK Petra Bangun Sinergi Lewat Luminous

Princesia Sofie, mahasiswi prodi Bahasa Mandarin saat membuat Chinese Knot

SURABAYA (global-news.co.id) –  Menandai keberadaan Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif (FHIK) Universitas Kristen Petra (UK Petra) sebagai fakultas baru maka saat menyambut Tahun Baru Imlek 2022 ini mereka saling berkolaborasi menggelar pameran bertajuk Luminous di Creative Co-Design Studio UK Petra, Senin (31/1).

“Luminous ini sendiri memiliki arti sebagai penerang, sama seperti lampion yang identik dengan suasana imlek. Fungsinya untuk menerangkan, maknanya bisa menyinari kehidupan dengan memberikan harapan di tahun yang baru. Harapannya sama seperti FHIK agar menjadi fakultas yang memberikan harapan dan sinergi baru bagi mahasiswa. The Creaborative Folks!,” jelas Dekan FHIK UK Petra Dwi Setiawan SS, MA-ELT, PhD.

Dosen dan mahasiswa saling berkolaborasi dalam acara yang berlangsung sehari ini dengan membuat aneka ornamen Imlek. Mulai dari lampion hingga hiasan dinding yang terbuat dari amplop angpao dan kertas origami. “Melalui acara ini kami ingin menunjukkan bahwa FHIK saling support satu sama lain tanpa ada yang lebih menonjol,” kata Sekretaris Program Studi Desain Interior Poppy Firtatwentyna Nilasari ST, MT.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan FHIK Dwi Setiawan, kemudian dilanjutkan dengan aksi para mahasiswa FHIK membuat secara langsung pembuatan ornamen seperti Jian Zhi dan kaligrafi. Jianzhi merupakan seni potong kertas yang merupakan salah satu seni tertua asal Tiongkok. Biasa digunakan untuk dekorasi rumah pada saat tahun baru Imlek, upacara pernikahan, sampai upacara penguburan. Bentuknya pun sangat bervariasi, mulai dari karakter-karakter huruf Mandarin maupun bentuk-bentuk hewan, tumbuhan, dan manusia.

“Kegiatan yang akan dilakukan sangatlah mudah dan tidak memerlukan waktu lama sehingga setiap orang yang hadir dapat berpartisipasi secara langsung dalam membuat ornamen,” tutur Ester Joice Ludang selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Desain Interior.

Alat dan bahan yang diperlukan juga mudah didapatkan, seperti kertas angapo, isolasi, origami dan cutter. Suasana imlek pun kental terasa tidak hanya dirasakan lewat kegiatan membuat ornamen saja, tetapi juga dirasakan melalui dekorasi ruangannya. Beberapa sudut Creative Co-Design Studio yang berlokasi di gedung Q ruang Q901 kampus UK Petra itu juga akan dihiasi dengan ornamen yang identik dengan warna merah, menambah kesan festive dalam perayaan khas tahun baru Imlek.

Pameran yang digelar secara sederhana tersebut akan lebih menekankan pada kolaborasi dari FHIK. Sementara itu FHIK merupakan terobosan baru dari UK Petra yang merupakan gabungan dari Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Seni dan Desain serta Fakultas Ilmu Komunikasi. (tis)

baca juga :

Di Tengah Pandemi, Lembaga Pendidikan Tetap Antusias Menjadi Peserta Calon Sekolah Adiwiyata

Titis Global News

RSUD BDH Siapkan Fasilitas Kedokteran Nuklir

Redaksi Global News

Beredar Surat Undangan Doa Bersama di Grahadi, Gubernur Khofifah Pastikan Itu Hoaks

Redaksi Global News