Global-News.co.id
Nasional Pendidikan Utama

Teknik Kimia Untirta Banten Kunjungi PEM Akamigas

Sebanyak 10 orang dari Prodi Teknik Kimia Untirta melihat sarana laboratorium milik PEM Akamigas

BLORA (global-news.co.id) – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Provinsi Banten kunjungi Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas. Sebanyak 10 orang dari Prodi Teknik Kimia, melihat secara langsung sarana laboratorium milik PEM Akamigas.

Kepala Jurusan Teknik Kimia Untirta, Jayanudin, menyatakan, sarana laboratorium ini sangat penting untuk penunjang pembelajaran mahasiswa terutama praktikum.

Memang PEM Akamigas tidak memiliki Teknik Kimia, kata dia, tapi di PEM Akamigas terdapat prodi Teknik Pengolahan Migas.  Secara keilmuan juga memiliki dasar kimia.

“Oleh karena itu, kami ingin melihat, apa saja sarana laboratorium dan peluang kerja sama yang bisa dilakukan antara PEM Akamigas dan Untirta,” ungkapnya baru-baru ini saat rombongan Untirta bertandang di PEM Akamigas.

Wakil Direktur 3, Bambang Yudho Suranta, menyambut baik kunjungan tersebut. Terlebih, sebagai pemenuhan akreditasi. Kerja sama antar perguruan tinggi ini juga diperlukan.

Menurutnya, PEM Akamigas sudah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain. “Seperti Polnam Ambon, dan kita mendukung pendirian prodi tentang perminyakan di sana. Kita juga bekerja sama dengan industri, dan instansi pemerintah untuk pemberian beasiswa pendidikan bagi anak-anak di daerahnya,” ujarnya.

Kepala Laboratorium PEM Akamigas, Oksil Venriza, menambahkan, peluang kerja sama antar perguruan tinggi sangatlah memungkinkan.

Apalagi, lanjut dia, UPPM PEM Akamigas membuka peluang bagi perguruan tinggi lain untuk bergabung dalam berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hanya, yang perlu diperhatikan adalah bidangnya harus sesuai dengan yang ada di PEM Akamigas. “Seperti Teknik Kimia yang bisa bergabung dengan Teknik Pengolahan,” katanya.

Oksil juga menjelaskan, saat ini PEM Akamigas memiliki 6 laboratorium, yakni Laboratorium Hulu Migas, Laboratorium Hilir Migas, Laboratorium Fundamental, Laboratorium Logistik, Laboratorium Instrumentasi dan Energi, dan Laboratorium Mesin dan Bengkel.

Beberapa peluang kerja sama antara PEM Akamigas dan Untirta yang bisa dilakukan di antaranya adalah pertukaran dosen, penelitian bersama, dan pengabdian masyarakat. “Tidak menutup kemungkinan nanti bisa dilakukan kuliah bersama antara mahasiswa Untirta dan PEM Akamigas, bahkan pertukaran mahasiswa,” tambah Jayanudin.

Setelah diskusi yang cukup panjang dilakukan, rombongan Untirta dipandu Kaprodi Teknik Pengolahan Migas, Arif Nurrohman, berkeliling meninjau sarana laboratorium PEM Akamigas, kilang humpus dan laboratorium dasar di PPSDM Migas. (rno)

baca juga :

Dihantam Covid-19, AirAsia Akan Kembali PHK Ratusan Karyawan

Redaksi Global News

Lebih Baik Bangun Trust, Pemerintah Tak Bisa Beri Sanksi Warga Tak Mau Divaksin

Titis Global News

Bacabup Jombang Mulai Bermunculan

nasir nasir