Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Mataraman Utama

Magetan Rabbit Show, Menggali dan Memperbaiki Galur Kelinci Setempat

MAGETAN (global-news.co.id) – Komunitas penggemar kelinci yang tergabung dalam Magetan Rabbit Community (MRC) mengadakan kontes kelinci di Balai Desa Sumberdodol Panekan, Sabtu (2/10). Kontes berskala nasional ini, diikuti berbagai daerah, seperti dari Semarang, Jakarta dan Mojokerto. Magetan Rabbit Show yang hanya berlangsung selama satu hari, akan memberikan sertifikat bagi kelinci show yang memenuhi kriteria.

Ketua MRC, Awang mengatakan, ini sudah ketiga-kalinya MRC mengadakan Magetan Rabbit Show. Dan ini kedua-kalinya diadakan di Desa Sumberdodol. Awang menambahkan, tujuan kontes ini adalah memperbaiki galur kelinci yang ada di Magetan.

“Di Magetan ini banyak jenis kelinci blegon atau tidak jelas keturunannya. Untuk itu, kami ingin memperbaiki galurnya. Toh kelinci pedaging harus tahu gennya. Kalau gennya bagus, peluang kelinci pedagingnya pun juga pasti bagus,” ujar Awang.

Iqbal, salah satu juri asal Bogor, menjelaskan, yang menjadi juri Magetan Rabbit Show ini merupakan para ahli kelinci. “Untuk penjurian sendiri, kami lihat dari keseluruhan. Mulai dari bulu, mata, hidung, telinga, hingga pinggangnya.” kata Iqbal.

Tidak jauh dari Balai Desa Sumberdodol, juga diadakan bazar kelinci dan ikan koi. Bazar atas kerjasama antara Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan dengan MRC dan Desa Sumberdodol diadakan dalam dua hari, yaitu 2-3 Oktober 2021. (kmf, mta)

baca juga :

Erick Thohir Dorong Entrepreneur Millennial Bogor untuk Ekspor Produk Unggulan Bangsa

Liga 1: Sho Berakhir, Persebaya Datangkan Duarte

Redaksi Global News

Melalui Puisi Bisa Jadi Agen Perubahan Lawan Covid-19

Redaksi Global News