Global-News.co.id
TNI

Kisah Nenek 80 Tahun Hidup di Tempat Tak Layak, Kini Rumahnya Dibangun TNI

Gresik – Empat tahun lamanya Nenek Suwari tinggal sendirian di rumah tak layak huni di Dusun Bejan, Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik dengan kondisi rumah tak ada dapur dan kamar mandi. Kini nenek berusia 80 tahun itu bisa sedikit bernafas lega karena rumahnya dibangun oleh pihak TNI, Dari Satgas TMMD ke 111, Kodim 0817/Gresik.

Rumah yang ditempati Suwari berukuran 3×4 meter. Bentuk bangunannya hanya kotak persegi, tak ada sekat kamar maupun dapur. Ia tinggal di rumah itu sejak 4 tahun lalu setelah rumah sebelumnya kebakaran.

Keadaan rumah Suwari dibangun dari bata dengan tinggi hanya setengah bangunan, dindingnya dilapisi triplek, atapnya terbuat dari asbes. Rumah itu dibangun oleh keponakannya agar nenek Suwari bisa berteduh, Selasa (13/7/2021). “Tadinya numpang dia nggak enak numpang terus, dibikinin sama keponakannya,” ujar Kades Siwalan, Suhartono.

Pendengaran nenek Suwari mengalami keterbatasan karena faktor usia. Orang yang berkomunikasi dengannya harus dengan nada tinggi, itu pun kadang antara pertanyaan dan jawaban sang nenek tak nyambung. “Telinga udah kurang mendengar, mungkin karena faktor usia,” jelas Suhartono.

Selama 4 tahun, kebutuhan makan sehari-hari nenek Suwari berasal dari saudaranya yang tinggal tak jauh dari rumahnya. Ia tinggal sendirian dan tak dapat memasak lantaran tak ada dapur.

Kini rumah itu telah dibangun oleh pihak TNI dalam program TNI manunggal membangun desa (TMMD). Rumah tak layak huni itu didapati dari hasil survei Program TMMD ke-111, Kodim Gresik.

“Kita membangun ini dari hasil survei sebelum TMMD dilaksanakan, ini bagian dari program kita,” kata Dan SSK Kapten Inf Bambang Kusharyanto.
Pembangunan rumah Nenek Suwari agar menjadi layak huni dilakukan oleh personel TNI dibantu warga sekitar. Selama pembangunan, Nenek Suwari diungsikan di rumah saudaranya. *

baca juga :

Berburu Waktu Satgas TMMD ke 111 Kodim Gresik Lanjutkan Pavingisasi

gas

Warga Gotong Royong Bangun PTP Bersama Satgas TMMD 111

Pererat Silaturahmi Di Manapun Berada

gas