Global-News.co.id
TNI

Bambu Petung Andalan Warga Desa Siwalan


Gresik,- Bambu jenis Petung masih dijumpai di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Pertumbuhan dari bambu ini dapat mencapai diameter 20 centimeter dan panjang 25 meter. Biasanya digunakan untuk tiang atau penyangga bangunan, bahan industri pulp dan kertas, kayu lapis, bangunan, mebel, anyaman, peralatan pertanian, dan peternakan.

Terlihat bambu petung yang akan digunakan untuk membuat gubuk di area sawah milik Bapak Tamoro. Pemandangan itu yang menarik perhatian Serda Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim Gresik untuk mengorek informasi dari Tamoro tentang keberadaan bambu petung di Desa Siwalan ini, Senin (2
5/7/2021).

Sementara itu saat ditanya oleh Serda Sukarji, Tamoro pun menjelaskan bahwa di Desa Siwalan ini masih kaya akan tumbuhan bambu. Warga tidak akan kekurangan kebutuhan bambu untuk keperluan pembangunan rumah, gubuk, atau keperluan lainnya.

“Untuk jenis bambu petung ini populasinya sudah mulai berkurang, pasalnya lahan tempat tumbuh bambu tersebut sudah dijadikan pemukiman atau dibangun rumah. Tapi Alhamdulillah bapak saya masih ada di kebunnya, bukan untuk dijual, tapi digunakan untuk kebutuhan sendiri,” ujar Tamoro.

Lanjutnya, seperti ini saya berencana membuat gubuk di sawah, yang tinggal potong saja sesuai kebutuhan. Kebetulan saat ini masih ada beberapa batang pohon bambu yang siap potong,” pungkasnya.

baca juga :

Cegah penyebaran covid 19, satgas TMMD lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Pos kotis

gas

Guyub, Anggota Satgas TMMD Bersama Warga Kebut Pembangunan TPT

Satgas, Himbau Warga Buang Sampah Jangan ke Saluran Air di TMMD Kodim Gresik

gas