Global-News.co.id
Pendidikan Utama

Unitomo Gelar KKN Bertema KATANA di Sidoarjo

Ketua PSBL Unitormo, Dr Hendro Wardhono MSi, saat memberikan arahan ke mahasiswa KKN Unitomo di Pendopo Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Sabtu (5/6/2021).

SIDOARJO  (global-news.co.id) – Sebanyak  200 mahasiswa Universitas Dr Soetomo (Unitomo) menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertema Pencegahan dan Mitigasi Berbasis Keluarga Tangguh Bencana (KATANA) di Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan yang berlangsung hingga 27 Juni mendatang ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

KKN gelombang 1 yang dimulai pada Sabtu (5/6/2021) tersebut digawangi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  (LPPM) bersama Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PBSL) Unitomo dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Jawa Timur.

Saat menerima peserta KKN Tematik Bencana Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 di Pendopo Kecamatan Tanggulangin, Camat Tanggulangin, Sabino Mariano, mengatakan, kedatangan mahasiswa KKN dari Unitomo membawa harapan baru bagi warga Tanggulangin.  “Kami merasa terhormat atas kedatangan mahasiswa KKN yang kental atmosfer akademisi. Ini akan membuat warga mendapat pengetahuan tentang penanganan bencana sehingga masing-masing keluarga menjadi keluarga tangguh,” ujarnya dalam rilis yang dikirim Unitomo, kemarin.

Peresmian dimulainya KKN yang dilakukan Rektor Unitomo, Siti Marwiyah,  juga dihadiri Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Gatot Soebroto bersama Kepala BPBD Sidoarjo Dwidjo Prawito, serta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam).

Dalam kegiatan tersebut,  Rektor mengatakan mahasiswa dalam menjalankan program KKN harus menjunjung tinggi semangat Dokter Soetomo serta mematuhi protokol kesehatan secara ketat mulai awal pembukaan Sabtu (5/6/2021) hingga (27/6/2021). “Sebelum ke lokasi, menurut Ketua LPPM Bu Fadjar, semua sudah menjalani Rapid Antigen. Kami harapkan, mahasiswa bisa memberi program yang bermanfaat sehingga masyarakat Tanggulangin terwujud KATANA,” ujar Doktor Bidang Hukum Tata Negara ini.

Pada kesempatan itu, Ketua PSBL Unitomo, Hendro Wardhono, mengingatkan para mahasiswa agar segala pengetahuan tentang pencegahan dan mitigasi berbasis keluarga tangguh bencana bisa tersampaikan dengan baik ke masyarakat Tanggulangin. “Harapannya, kita bisa membentuk kelompok dasawisma KATANA”, jelasnya.ret

 

baca juga :

Ketua KPK Hadiri Rakernas I JMSI di Semarang

gas

Tahun 2023 TPP Pejabat dan ASN Pamekasan Naik 10 Persen

gas

Konsisten Lakukan Penguatan Bisnis, Bank Jatim Cetak Kinerja Positif Sepanjang 2023

Redaksi Global News