Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Menuntut Ilmu Tak Kenal Usia, Sekretaris DPRD Jatim, Andik Fadjar Tjahjono, Raih Gelar Doktor

SURABAYA (global-news.co.id) – Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Timur, Drs Andik Fadjar Tjahjono, MSi, meraih gelar Doktor Ilmu Sosial pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Dr Drs Andik Fadjar Tjahjono, MSi, pun terlihat berbahagia saat menjalani wisuda Sabtu (26/6/2021).

Andik mengaku bersyukur kepada Allah SWT, karena mampu menyelesaikan studinya di Universitas Airlangga. “Lega rasanya,” katanya.

Dia mengaku bersyukur sebab proses studinya dinilai ‘cukup lama’ yakni lima tahun delapan bulan. Hal itu karena kesibukan dan tugas lain yang diembannya.

Tapi berkat semangat dan dukungan pihak keluarga, dia bisa menyelesaikan studinya. “Keluarga sangat mendukung, termasuk ada beberapa mata kuliah yang harus bertemu pakar atau nara sumber di berbagai tempat,”katanya.

Untuk Program S-1, ditempuh Andik, panggilan akrab Andik Fadjar Tjahjono, juga di Universitas Airlangga Surabaya jurusan Ilmu Politik. Dia angkatan 1985. Setelah lulus S-1, melanjutkan S-2 di Universitas Gajahmada Yogyakarta. Lalu kembali lagi ke Unair melanjutkan program S-3.

“Jadi menuntut ilmu itu tak mengenal usia. Saya mengajak rekan-rekan, staf khususnya di Sekretariat DPRD Jatim untuk terus meningkatkan ilmu pengetahuan,” katanya.

Disertasi untuk program doktornya tentang “Relasi Antara Koperasi Serba Usaha Setia Budi Wanita dengan Pemerintah Pada Periode Tahun 2009 – 2019” suatu studi tentang respon suatu sektor usaha terhadap kebijakan publik. Promotornya Prof.Dr. Musta’in, Drs. M.Si.

Menurut Andik, dari disertasi itu bagaimana bidang usaha, peran swasta dapat mendukung kebijakan pemerintah. “Jadi pada aspek kebijakan publik atau aspek sosialnya dapat diterapkan pada semua lembaga pemerintahan termasuk di Sekretariat DPRD Jatim,” ujarnya.

“Lebih pada aspek sosialnya,” ujarnya lagi.

Disertasinya pada bidang Koperasi, didukung juga dari pengalamannya sebagai Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.

Pada bidang kerjanya di Sekretaris DPRD Jatim, Andik Fadjar Tjahjono mengaku terus berupaya lebih baik dalam pelayanan sosial masyarakat. Termasuk bagi anggota dewan.

“Kami memberikan pelayanan yang lebih baik ketika masyarakat atau anggota dewan yang memerlukan,” katanya.

Atas kinerjanya yang terus berbenah itulah, Sekretaris DPRD Jatim memperoleh beberapa penghargaan. Terakhir penghargaan dari Kanwil Kemenkumham Jatim terkait kerjasama dengan Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) BPHN pada 8 Desember 2020.

Pria yang dilantik sebagai Sekretaris DPRD Provinsi Jatim oleh Gubernur Khofifah pada 19 Desember 2019 ini rileks dalam pergaulan, banyak disenangi oleh kawan-kawan khususnya alumni FISIP Unair. “Andik Brengos” atau “Coblos kumisnya” begitu sapaan akrab alumni FISIP Unair.

Keakrabannya itu hingga Andik Fadjar Tjahjono dipilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) FISIP Unair periode 2017-2021.

Sedangkan hubungan dengan media, pria kelahiran Madiun 17 September 1966 ini sudah tidak asing lagi. Karena sebelum menjabat Sekretaris DPRD Jatim, ia pernah menjabat Kabag Protokol di Biro Humas Protokol Setda Provinsi Jawa Timur. (jtc)

baca juga :

Madura United Kembali Berlatih Sepekan Sebelum Laga Seri 3

Redaksi Global News

Erupsi Semeru, Lembaga Rumah Zakat dan Asbisindo Salurkan Bantuan bagi Penyintas

Perayaan Hari Raya Nyepi di Sidoarjo Berlangsung Aman dan Kondusif