Global-News.co.id
Pendidikan Utama

Kerjasama Pendidikan PEM Akamigas dengan Pemkab Blora, 39 orang Berebut Besiswa

Sebanyak 39 orang berebut 20 kursi yang disediakan Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas, yang merupakan kerjasama dengan Pemkab Blora Jawa Tengah.

BLORA (global-news.co.id) –  Demi mewujudkan program 1 Desa 2 Sarjana, Pemkab Blora telah menyediakan kuota sebanyak 20 beasiswa bagi putera puteri daerah Kabupaten Blora yang kurang mampu, untuk dididik di PEM Akamigas mulai Tahun Akademik 2021/2022 ini.

Sebanyak 39 orang berebut 20 kursi yang disediakan Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas, yang merupakan kerjasama dengan Pemkab Blora Jawa Tengah. Semula, ada 89 pendaftar yang menyerahkan berkas pendaftaran. “Namun, setelah melalui seleksi, ternyata hanya 39 yang lolos ke tahap selanjutnya. Yakni tes tulis dan wawancara,” ujar Pelaksana Humas PEM Akamigas Dowry Retno Mitayani, Jumat (11/6/2021).

Oleh panitia ujian, kata dia, disebutkan bahwa  calon peserta uji yang  gugur didominasi karena data yang dikirimkan oleh calon peserta, tidak termasuk dalam DTKS Blora. Sebab, salah satu persyaratan yang ditetapkan adalah warga Kabupaten Blora yang telah terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Di samping itu berkas tidak lengkap, dan   jurusan yang tidak sesuai. “Misalnya,  Iulusan IPS yang berspekulasi ikut mendaftar,” ungkap wanita berhijab ini.

Adapun proses seleksi dilaksanakan hanya sehari (10/6/2021) di Ruang Kuda Laut atas, mulai pagi hingga sore. Guna meminimalisir kendala jaringan, sesuai arahan Pemkab Blora, PEM Akamigas telah menyediakan komputer untuk setiap peserta. Agar mudah melaksanakan uji tulis dan wawancara yang dilakukan secara online. Tentunya dengan tetap taat protokol kesehatan.

Pukul 08.00, peserta kelompok pertama sudah harus berada di lokasi. Untuk menerima pengarahan oleh petugas tentang bagaimana cara mengerjakan soal ujian secara online beserta tata tertibnya. Diikuti kelompok kedua pada pukul 10.00. “Ada batasan waktu yang ditetapkan dalam pengerjaannya,” katanya.

Selanjutnya, PEM Akamigas akan menyerahkan hasil nilai dan passing grade 36 peserta uji dari 39 orang yang diundang untuk mengikuti uji tulis dan wawancara, ke Pemkab Blora. “Satu langkah lagi untuk menentukan 20 penerima beasiswa pendidikan putra daerah Kabupaten Blora,” pungkasnya. rno

baca juga :

Penduduk Miskin di Jatim Bertambah 363.100 Orang hingga Maret 2020.

Mahasiswa S1 Ekonomi Syariah STIE Perbanas Surabaya Lolos Program Kampus Mengajar

gas

Pelaku Mesum Saat Naik Motor di Surabaya Diselidiki Polrestabes

Redaksi Global News