Global-News.co.id
Pantura Utama

Menpan-RB Tegaskan MPP di Bojonegoro Mampu Pangkas Birokrasi

Menpan-RB Tjahjo Kumolo saat hadir di Kabupaten Bojonegoro dalam kegiatan Grand Launching Mall Pelayanan Publik (MPP) Bojonegoro, Selasa (6/4/2021).

BOJONEGORO (global-news.co.id) –  Hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP) di Bojonegoro bukan hanya gedung formalitas saja. Namun bisa memangkas birokrasi dan mempercepat pelayanan. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo saat hadir di Kabupaten Bojonegoro dalam kegiatan Grand Launching Mall Pelayanan Publik (MPP) Bojonegoro, Selasa (6/4/2021).

Disampaikan Tjahjo Kumolo, MPP yang dirintis Kemenpan-RB bukan sekadar gedung yang terpadu saja dan sekadar formalitas saja. Tetapi bagaimana memasukkan di dalamnya berbagai pelayanan dalam satu atap. “Menghilangkan ego sektoral, membangun kerjasama, memangkas birokrasi, menjadi simbol bahwa pemerintah cepat dan hadir melayani di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Pada kesempatan itu,  Menpan-RB juga mengatakan adanya MPP merupakan terobosan baru untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mempercepat proses perizinan.

“Tidak hanya mudah dan cepat dalam memberikan pelayanan, tapi MPP juga harus mampu menyerap investasi secara luas. Apalagi Bojonegoro ini daerah investasi. Walaupun namanya Blok Cepu, bloknya ya ada di Bojonegoro,” katanya.

Selain itu, MPP juga harus bisa mengembangkan komunitas UMKM dengan berbagai layanan yang berbasis elektronik, atau menggunakan terobosan-terobosan informasi yang ada dan baik.

“Saya kira dengan Pandemi Covid -19 ini ada hikmah. Jadi kita melakukan berbagai transformasi digital dengan menggunakan teknologi informasi yang lebih cepat. Pola kerja dan layanan yang berubah,” ujarnya.

Mantan Mendagri ini mengaku meniru kinerja teman-teman pers. Dulu teman-teman pers mencari sumber berita. Mencari Bupati ada dimana, mengetik berita, ditarik ke Kantor Redaksi, setelah jadi berita diserahkan ke Redaktur Pelaksana untuk dievaluasi baru tayang.  “TV juga sama, butuh dua orang, satu juru kamera, satu lagi reporternya. Sekarang kan tidak. Dengan satu handphone saja sudah kadang-kadang selesai langsung tayang. Dalam hitungan per menit sudah bisa diberitakan. Nah, ini yang diinginkan oleh Pak Jokowi. ASN juga harus bekerja cepat,” tandasnya.

Diharapkan dengan diresmikan MPP, layanan publik di Kabupaten Bojonegoro juga ikut bertransformasi. Mulai dengan mengubah kebiasaan Service by Document menjadi Service by e-Goverment yang ditingkatkan menjadi Smart Goverment. Berubah kepuasan masyarakat menjadi kebahagiaan masyarakat.

Grand Launching Mall Pelayanan Publik Bojonegoro ditandai dengan penandatanganan Prasasti dan pemotongan pita oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo disaksikan Forkopimda Bojonegoro dan pihak terkait. rno

baca juga :

Liga 1: Pemain Persebaya Latihan Mandiri untuk Jaga Kondisi

Redaksi Global News

Anniversary Game Persebaya: Polrestabes Siagakan 4.500 Personel

UAS-Fatimah Gelar Resepsi Pernikahan di Gontor, Tamu Undangan Wajib Prokes

gas