Global-News.co.id
Indeks Sport Utama

Virtual Port Run and Ride Pelindo III 2020 Raih Dua Rekor MURI

Penyerahan penghargaan oleh perwakilan MURI di Surabaya, Jumat (11/12/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kembali memberikan catatan rekor untuk PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. Kali ini rekor diberikan kepada BUMN operator pelabuhan itu atas prestasinya dalam mengajak masyarakat untuk hidup sehat di tengah wabah Covid-19.

Sebanyak 15.056 orang tercatat berpartisipasi dalam gelaran Port Virtual Run and Ride 2020 yang dihelat oleh Pelindo III. Atas acara tersebut Pelindo III memperoleh 2 catatan rekor sekaligus yakni Pemrakarsa dan Penyelenggara Lomba Lari Secara Virtual Peserta Terbanyak dan Pemrakarsa dan Penyelenggara Gowes Secara Virtual Peserta Terbanyak.

Penghargaan rekor diserahkan langsung oleh perwakilan MURI di Surabaya, Jumat (11/12/2020). Raihan rekor MURI ini merupakan yang kedua dan ketiga ini dalam enam bulan terakhir ini , setelah pada 10 Juli 2020 MURI juga memberikan Rekor kepada Pelindo III Untuk Internalisasi Core Values AKHLAK dengan peserta terbanyak .

Pelindo III yang dipimpin U Saefudin Noer sebagai Dirutnya pada kesempatan itu mengadakan sosialisasi kepada karyawan secara daring sebanyak 5.017 orang.

U. Saefudin Noer menyebut bahwa sebagai BUMN Pelindo III juga memiliki tugas dalam pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya dengan cara mengajak masyarakat hidup sehat agar terhindar dari Covid-19 sehingga mereka dapat tetap produktif dalam bekerja. Lomba lari dan bersepeda yang diselenggarakan Pelindo III juga dilaksanakan secara daring sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan protokol kesehatan.
“Masyarakat yang sehat dan patuh terhadap protokol kesehatan diharapkan mampu mendukung pemerintah dalam menangani wabah Covid-19, itulah yang dilakukan Pelindo III sehingga acara yang rutin diadakan setiap tahun ini dilakukan secara daring/virtual dengan menggunakan dukungan teknologi informasi,” jelasnya.

Penggunaan teknologi dalam pelaksanaan lomba lari dan bersepeda juga merupakan implementasi dari Core Values BUMN AKHLAK yaitu adaptif yaitu menyesuaikan dengan situasi Covid-19. Selain itu sebagai wujud implementasi kepemimpinan teknologi di Pelindo III yang saat ini mengedepankan penggunaan teknologi untuk mendukung bisnis perusahaan. “Ini merupakan wujud dari technology leadership  dan implementasi Core Values  AKHLAK BUMN , kami beradaptasi dan kolaborasi sesuai kompetensi dengan mitra penyelenggara dan masyarakat. Sekaligus perwujudan amanah dimana Pelindo III berperan dalam pemulihan ekonomi Indonesia, melaksanakan promosi hidup sehat sekaligus wujud loyalitas Pelindo III kepada bangsa,” tambah Saefudin.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Manager MURI Sri Widayati memberikan apresiasi kepada Pelindo III atas inisiatifnya dalam menyelenggarakan lomba lari dan bersepeda secara virtual. Menurut mereka kegiatan tersebut tercatat sebagai kegiatan perlombaan olah raga secara virtual dengan peserta terbanyak di Indonesia sehingga tercatat dalam sebagai rekor dunia baru di Indonesia.
“Berdasarkan catatan kami kegiatan lomba lari dan bersepeda sepeda virtual yang di selenggarakan oleh Pelindo III merupakan yang terbanyak dan yang pertama kali ada di MURI,” katanya.

Sementara itu Geodita Woro Bramanti peserta Port Virtual Run and Ride 2020 mengaku senang dapat berpartisipasi dalam perlombaan ini. Menurutnya, perlombaan ini menjadi semangat baru untuk bergerak dan berolah raga secara aman di masa pandemi Covid-19. “Perlombaan yang diadakan Pelindo III ini sangat efektif, aturan main disampaikan secara jelas di awal dan selalu diulang terus menerus, sehingga kami bisa fokus untuk berolah raga dan berlomba,” terangnya.

Geodita Woro Bramanti merupakan salah satu pemenang Port Virtual Run and Ride 2020. Dirinya ditetapkan sebagai pemenang kategori Best Performance Bersepeda yang bersepeda sejauh 280,03 kilometer dalam waktu 9 jam 43 menit. Pengumuman pemenang dilakukan secara langsung di Kantor Pusat Pelindo III secara daring untuk seluruh kategori lomba.

Port Virtual Run and Ride 2020 sendiri dimulai sejak 14 November lalu. Diikuti oleh 15.056 orang peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Jumlah peserta laki-laki tercatat sebanyak 11.875 orang dan peserta perempuan sebanyak 3.187 orang. Dalam lomba tersebut juga tercatat peserta dengan jarak tempuh bersepeda terjauh yaitu 4.333,77 kilometer dan jarak tempuh lari terjauh 1.044,24 kilometer. tis

baca juga :

Juli 2020, Transaksi Uang Elektronik Meningkat 24,42%

Redaksi Global News

Demi Air Bersih, Warga Kunjoro Mojoketo Rela Jalan 5 Km

Petrokimia Gresik Siap Alihkan Impor KCl dari Rusia

Redaksi Global News