Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Kremlin Bantah Putin Bakal Mundur karena Penyakit Parkinson

Presiden Rusia Vladimir Putin

MOSKOW (global-news.co.id) – Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov membantah laporan media Inggris yang melaporkan Presiden Vladimir Putin berencana mundur dari Presiden Rusia karena kondisi kesehatan. Peskov memastikan pemimpin Rusia itu dalam keadaan sehat.
Kabar Putin berencana untuk mundur dari jabatan Presiden Rusia tahun depan setelah menunjukkan kemungkinan gejala penyakit Parkinson pertama kali dicuatkan media Inggris, The Sun.
Dalam beritanya, The Sun mengutip pernyataan seorang sumber anonim. Sumber menyebut telah mempelajari rekaman video yang memperlihatkan kaki Putin tempak bergerak terus-menerus saat duduk dan dia tampak kesakitan sambil memegangi sandaran tangan kursi.
Sumber itu menambahkan, jari-jari Putin tampak bergerak-gerak saat dia memegang cangkir yang diyakini berisi obat penghilang rasa sakit. Gejala-gejala tersebut diyakini sebagai indikasi Putin mengidap penyakit Parkinson.
Namun, pemberitaan The Sun langsung disanggah oleh Peskov. Berbicara pada media pemerintah Rusia, TASS, pada Jumat (6/11/2020) waktu setempat, Peskov memastikan orang nomor satu Rusia dalam kondisi sehat.
“Tidak,” kata Peskov menanggapi pertanyaan apakah Presiden Putin berencana mundur.
“Dia dalam kesehatan yang sangat baik,” ujarnya.
Pemberitaan The Sun muncul setelah majelis rendah legislatif Rusia mengusulkan undang-undang yang dapat memberikan kekebalan bagi mantan presiden Rusia dari penuntutan pidana dalam hidup mereka, tidak hanya saat menjabat.
RUU itu, yang dipublikasikan di situs web pemerintah, adalah salah satu dari beberapa RUU yang diperkenalkan setelah reformasi konstitusi. Salah satunya memungkinkan Putin mencalonkan diri kembali ketika masa jabatannya berakhir pada 2024.
RUU baru juga akan mempersulit pencabutan kekebalan mantan presiden yang diperluas. yan, ine

baca juga :

DPRD Surabaya Soroti Penyebab Kerugian RPH

Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Konsumsi Avtur di Bandara Juanda dan Blimbingsari Naik

Redaksi Global News

Temui Wapres, Khofifah Bahas Peringatan HUT Ke-78 Muslimat NU

Redaksi Global News