Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

10 Juni: Tambah 1.241 Kasus Baru di Indonesia, Jawa Timur Tertinggi

Update kasus corona di Indonesia hingga 10 Juni 2020.

JAKARTA (global-news.co.id)- Penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia mencetak angka tertinggi yakni sebanyak 1.241 kasus. Sehingga total kasus positif COVID-19 di Indonesia hingga 10 Juni 2020 mencapai 34.316 orang.  Sedangkan penambahan tertinggi berasal dari Jatim dengan penambahan sebanyak 273 kasus.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (COVID-19) Achmad Yurianto menjelaskan penambahan kasus pada dua hari terakhir mencapai lebih dari seribu kasus. Sebelumnya, penambahan mencapai 1.043 kasus.

Yuri menegaskan, penambahan ini terjadi karena tracing contact untuk menemukan kasus positif oleh pemerintah semakin agresif. “Penambahan kasus positif ini disebabkan karena tracing yang agresif dilakukan,” tegas Yuri di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Selain itu, penambahan terjadi karena jumlah spesimen yang diperiksa juga semakin meningkat. Spesimen ini tidak hanya didominasi dari kiriman rumah sakit namun juga dari puskesmas ataupun Dinas Kesehatan di seluruh Indonesia. “Sehingga bisa kita lihat bahwa sebagian besar penambahan kasus ini adalah spesimen yang dikirim oleh Puskesmas atau Dinas Kesehatan. Tidak didominasi oleh spesimen yang dikirim oleh rumah sakit,” jelas Yuri.

Untuk diketahui, saat ini jumlah spesimen yang diperiksa dalam satu hari sebanyak 17.757 spesimen. Akumulasi yang sudah diperiksa mencapai 446.918 spesimen. “Ini memberikan tambahan kasus positif yang kita konfirmasi sebanyak 1.241,” kata Yuri.

Yuri menjelaskan penambahan kasus paling banyak ada di Jawa Timur dengan penambahan kasus sebanyak 273 kasus. “Kalau kemudian kita itu lebih lanjut tentang kasus positif ini maka kita dapatkan penambahan di 5 provinsi. Yang pertama adalah Jawa Timur,” ungkap Yuri.

Kemudian, Sulawesi Selatan penambahan sebanyak 189 kasus dan melaporkan 53 sembuh. DKI Jakarta 157 orang dan melaporkan 146 sembuh. Jawa Tengah kasus positif meningkat 139 orang dan melaporkan 118 orang sembuh. Kalimantan Selatan 127 orang positif baru dan 10 orang sembuh.

Yuri juga melaporkan ada enam provinsi yang hari ini tidak melaporkan ada kenaikan sama sekali. “Sebagai contoh Sumatera Barat hari ini naik 14 pada angka yang kita bisa prediksikan dengan kesembuhan 28. Kemudian ada beberapa provinsi yang lain sebagai contoh Gorontalo hari ini ada enam kasus tetapi tujuh dilaporkan sembuh,” kata Yuri.

Yuri mengatakan, saat ini penyebaran COVID-19 sudah mulai bisa dikendalikan terutama di daerah-daerah lainnya, “Ini yang kemudian menjadi kabar gembira untuk kita bahwa daerah-daerah yang lainnya sudah mulai bisa kita kendalikan dengan baik. Sudah barang tentu inilah peran serta masyarakat  keseluruhan,” katanya. dja, wah

baca juga :

Soal Aturan Cuti Pejabat, Kepentingan Negara Tetap Harus Didahulukan

Redaksi Global News

Diskoperindag Tuban Pastikan Stok Sembako Aman

nasir nasir

Gubernur Khofifah Berbagi Strategi Percepat Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19 di Kampus IPDN Jatinangor

Titis Global News