Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Terus Bertambah, Total Positif Corona Klaster Sampoerna 65 Orang

Dari hasil tes swab PCR gelombang kedua diketahui ada 29 karyawan Sampoerna positif. Sehingga total karyawan Sampoerna yang positif COVID-19 mencapai 65 orang.

SURABAYA (global-news.co.id)– Kasus positif virus corona baru atau COVID-19 di pabrik rokok PT HM Sampoerna Tbk Rungkut terus. Dari hasil tes swab PCR gelombang kedua ada 29 karyawan Sampoerna positif. Sehingga total karyawan Sampoerna yang positif COVID-19 mencapai 65 orang.
Sebelumnya sudah 34 orang dinyatakan positif corona dan dua lainnya meninggal dan terbukti positif corona.
Sebanyak 29 orang tersebut merupakan bagian dari gelombang kedua kelompok karyawan, yang menjakani tes swab polymerase chain reaction (PCR) di RSUD dr Soetomo Surabaya.
“Tes swab tahap kedua tadi malam, kira-kita tengah malam kami dapat hasil lagi 29 yang positif,” Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Minggu (3/5/2020).
Kini pihaknya pun terus berkoordinasi agar para karyawan tersebut bisa segera dirawat intensif di rumah sakit. Sebab sejauh ini baru 25 yang dirujuk. Sementara sisanya masih ditempatkan di salah satu hotel di Surabaya
“Mereka membutuhkan perawatan rumah sakit. Karena kemarin baru 25 yang dirujuk ke RS, sebagian di antaranya masih ada di ruang observasi, di salah satu hotel yang ada di Surabaya,” katanya.
Tak hanya itu, Tim Tracing Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jatim juga telah penelusuran ke pondokan-pondokan tempat tinggal para pegawai Sampoerna yang positif tersebut.  “Sudah mentracing di mana pondokan-pondokan karyawan itu, para tetangga terdekat juga ditracing, sudah mulai dilakukan,” ujarnya.
Sebelumnya, pada gelombang pertama ada 46 orang yang menjalani tes swab PCR, hasilnya 34 orang di antaranya terkonfirmasi positif COVID-19. Jika ditambah dengan hasil gelombang kedua, dan 2 orang karyawan yang meninggal dunia, total kasus corona di Sampoerna mencapai 65 orang.
Klaster penularan COVID-19 di PT HM Sampoerna Tbk Rungkut bermula dari dua orang karyawan yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Mereka sempat menjalani perawatan di rumah sakit, namun kemudian nyawa keduanya tak terselamatkan.
Penelusuran orang-orang yang ditengarai memiliki kontak erat dengan dua karyawan itu pun dilakukan. Sebanyak 500-an pekerja di pabrik itu menjalani rapid test, 100 di antaranya rapid tesnya menunjukkan hasil reaktif, mereka kemudian melakukan tes swab PCR dan diobservasi. tri, pur

baca juga :

Terpilih Jadi Ketua PSSI, Bupati Minta Johan Susanto Maksimalkan Pembinaan SSB

Redaksi Global News

RAISA ITS Bantu Rawat Pasien Covid-19 di RS Darurat Wisma Atlet

gas

Puluhan Pegawai Terpapar COVID-19, KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan

Redaksi Global News