Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

BNBP Ingatkan Masyarakat terhadap Akun Palsu untuk Galang Donasi Corona

BNPB menemukan akun Instagram palsu mengatasnamakan BNPB untuk pembukaan donasi uang di tengah wabah virus corona (COVID-19).

JAKARTA (global-news.co.id)– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati menyikapi bentuk informasi, khususnya di media sosial yang digunakan untuk menggalang donasi. BNPB menemukan akun Instagram mengatasnamakan BNPB untuk pembukaan donasi uang di tengah wabah virus corona (COVID-19).
Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan, pemilik akun di media sosial Instagram tersebut menggunakan alamat bnpb.go.idd.
“BNPB mendapati pemilik akun Instagram yang mengatasnamakan BNPB untuk pembukaan donasi uang di tengah pandemik COVID – 19,” ujar Agus di Jakarta, Minggu (12/4/2020).
Dia menuturkan, akun palsu BNPB itu menuliskan, Akun BNPB Berbasis Menerima Bantuan Berupa Uang Tunai Yang Donatur kasih kan di simpan buat Uang Kas IndOnesia. Dalam akun tersebut, pemilik akun mencantumkan nomor rekening BNI.
Menurutnya, akun palsu itu menggunakan logo BNPB dan tulisan BNPB Provinsi. Saat ini, BNPB telah menghubungi pihak BNI dan Facebook untuk pemblokiran.
“Terkait dengan penerimaan donasi Gugus Tugas telah memiliki rekening yang secara resmi digunakan untuk membantu penanganan Coronavirus disease 2019 atau COVID-19,” ucapnya. jef, tri, ins

baca juga :

Ibrahim Hasyim, Alumni, dan Almamater

gas

OJK Rombak Jajaran Pimpinan untuk Jawab Tuntutan Masyarakat

gas

Masuki Era MEA, Kebun Binatang Surabaya Siapkan Pemandu

Redaksi Global News