Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Livi Zheng Filmkan Penghitungan Suara di Los Angeles

LOS ANGELES (global-news.co.id) – Livi Zheng, sutradara Indonesia di Amerika Serikat, yang sejak Januari 2019 lalu, juga dikontrak oleh Walt Disney Pictures, memfilmkan penghitungan suara di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (17/4/2019) waktu setempat.

“Penghitungan suara ini berdasarkan surat suara yang masuk. Surat suara yang masuk ada dua macam, yaitu surat suara yang masuk by pos dan surat suara yang ditusuk di lokasi KJRI ini pada 13 April, Sabtu lalu. Surat suara yang by mail atau by pos kita sudah kirim sejak 13 Maret lalu dan akan kita terima sampai hari ini hari terakhir pada 17 April. Karena hari ini hari perhitungan suara serentak di Indonesia dan di dunia,” menurut Metta Surya, Ketua Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Los Angeles.

Acara penghitungan suara di KJRI Los Angeles bersifat terbuka untuk umum. “Jadi, banyak warga Indonesia di Los Angeles yang menghadiri penghitungan. Biasanya, penghitungan suara memakan waktu berjam-jam, tetapi ini tidak terasa karena disediakan makanan dan minuman yang enak, mulai dari sate sampai minuman sekoteng,” ujar Livi Zheng menceritakan di sela-sela melakukan syuting bersama timnya, saat momen bersejarah dalam pemilu serentak yang pertama kali digelar bangsa Indonesia ini.

Konsul Jenderal KJRI Los Angeles, Saud Purwanto Krisnawan sangat senang karena Pemilu 2019 ini berjalan sangat lancar. Bukan hanya saat pencoblosan pada Sabtu (13/4/2019) lalu, tetapi juga saat penghitungannya pada Rabu ini. Bagi Konjen baru, partisipasi warga Indonesia di LA, dan kemeriahan selama pesta demokrasi itu tentu sangat mengesankannya.

“Kita membuat bazaar karena ini merupakan pesta demokrasi kita harapkan masyarakat senang. Ada bazaar, ada musik. Selain itu Ibu-ibu Dharmawanita juga membuat Kids Corner,” kata Saud Purwanto Krisnawan. Kids Corner merupakan ide yang sangat bagus karena warga LA yang hadir tetap dapat menyaksikan proses perhitungan sementara anak-anak yang dibawanya bisa dititipkan di sana.

Saat proses pemungutan suara, diperkirakan masyarakat Indonesia yang hadir mencapai lebih dari seribuan orang. PPLN Los Angeles sebelumnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPT LN) Pemilu 2019 sebanyak 12.984 pemilih, yang 12.382 orang di antaranya terdaftar dan melakukan pemilihan lewat pos. Adapun sisanya, melakukan pencoblosan langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan di KJRI Los Angeles. Jumlah 12.984 pemilih di DPT LA, tercatat sebagai DPT terbesar di seluruh wilayah pemilihan Amerika Serikat.

Wilayah kerja KJRI Los Angeles sendiri mencakup enam Negara Bagian di AS, yang meliputi Arizona, Utah, Nevada Selatan, California Selatan serta Daerah Kepulauan Pasifik. (gas)

baca juga :

Optimalkan Pelayanan Non Tatap Muka, BPJS Kesehatan Luncurkan Pandawa

Redaksi Global News

ITS Luncurkan i-Car, Jadi Kado Spesial Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Redaksi Global News

Tiap Bulan, Potensi Zakat ASN Pemkot Surabaya Capai Rp4 Miliar